Waspada, Data Pengguna TUSD Bocor! Kenapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Waspada, Data Pengguna TUSD Bocor! Kenapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Pengguna mata uang digital TUSD harus waspada! Tim di balik stablecoin TrueUSD (TUSD) baru-baru ini mengumumkan potensi kebocoran data Know-your-Customer (KYC) dan riwayat transaksi setelah vendor pihak ketiga TrueCoin mengalami kompromi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyebab Kebocoran Data

penyebab kebocoran data tusd
Sumber: Akun X TrueUSD

Pada 16 Oktober, tim keamanan vendor pihak ketiga memberi tahu TrueCoin tentang “perubahan akun anomali dalam organisasi [TrueCoin] yang dibuat oleh vendor dukungan yang dikompromikan.”

Akibatnya, TrueCoin mencurigai adanya kompromi pada beberapa data pelanggan TUSD yang ada. TrueCoin adalah operator stablecoin TUSD hingga 13 Juli 2023. Meski demikian, sistem internal TrueCoin tidak terpengaruh atau diakses, karena perusahaan memastikan serangan tersebut adalah insiden terisolasi pada vendor pihak ketiga.

“Sistem TUSD AMAN dan tidak diserang. Baik sistem TUSD dan cadangan TUSD TIDAK TERPENGARUH,” tegas TrueUSD melalui akun resmi X (sebelumnya Twitter) mereka.

Baca Juga: Bocoran Dokumen Ungkap Rencana Dompet Crypto Microsoft ke dalam Xbox!

Dampak Kebocoran Data

Data yang dikumpulkan dari kebocoran semacam ini — nama, alamat email, dan nomor telepon, di antara lainnya — biasanya digunakan untuk serangan phishing.

Penyerang menghubungi investor yang tidak waspada dengan meniru berbagai layanan crypto, sering kali menjanjikan keuntungan tinggi dalam waktu singkat.

Dampak serangan dan kebocoran data yang dihasilkan belum dapat diidentifikasi, karena jumlah total data pengguna tidak diungkapkan selama pengumuman. TrueUSD belum merespons permintaan komentar dari Cointelegraph.

TrueCoin baru-baru ini menjauhkan diri dari Prime Trust yang berbasis di Nevada tepat setelah yang terakhir secara tiba-tiba menghentikan semua deposit dan penarikan fiat dan cryptocurrency.

TrueUSD mengumumkan bahwa “itu tidak terpengaruh oleh situasi” di Prime Trust sambil menekankan kemitraan yang beragam dan mempertahankan “beberapa jalur USD” di tempat lain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: