Alami Krisis Mata Uang, Warga Argentina Lebih Memilih Investasi Bitcoin!

author:

Alami Krisis Mata Uang, Warga Argentina Lebih Memilih Investasi Bitcoin!

Jakarta, Pintu News – Argentina sedang menghadapi krisis mata uang yang parah. Nilai peso Argentina (ARS) terhadap dolar AS telah anjlok empat kali lipat dalam setahun terakhir, dari $0,0049 per ARS pada Maret 2023 menjadi $0,0012 per ARS saat ini.

Akibatnya, warga Argentina berbondong-bondong mencari cara untuk menyelamatkan tabungan mereka. Salah satu pilihan yang mereka ambil adalah berinvestasi pada Bitcoin (BTC).

Tingginya Permintaan Bitcoin di Argentina

Menurut laporan terbaru, permintaan Bitcoin di Argentina telah mencapai titik tertinggi dalam 20 bulan terakhir. Data dari bursa kripto Lemon Cash menunjukkan bahwa hampir 35.000 pelanggan di Argentina membeli Bitcoin pada minggu yang berakhir pada 10 Maret 2023.

Pembelian Bitcoin di Argentina dari Januari 2023 hingga Maret 2024. Sumber: Exchange Lemon

Baca juga: Stablecoin, Mata Uang Digital yang Menyelamatkan Argentina dari Krisis Ekonomi

Angka ini dua kali lipat dari rata-rata mingguan sepanjang tahun 2023. Lonjakan permintaan Bitcoin ini didorong oleh beberapa faktor. Pertama, nilai ARS yang terus merosot membuat warga Argentina khawatir akan kehilangan daya beli mereka.

Kedua, Bitcoin dianggap sebagai aset yang aman dan stabil, sehingga cocok untuk menyimpan nilai dalam jangka panjang.

Ketiga, harga Bitcoin baru-baru ini mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga menarik minat investor.

Pergeseran dari Stablecoin ke Bitcoin

stablecoin ancaman bitcoin
Sumber: BFA Global

Selain Bitcoin, stablecoin juga menjadi pilihan investasi yang populer di Argentina. Stablecoin adalah mata uang kripto yang nilainya dipatok pada mata uang fiat, seperti dolar AS. Namun, belakangan ini terjadi pergeseran dari stablecoin ke Bitcoin.

Menurut Manuel Beaudroi, CEO dompet digital Belo, pembelian stablecoin di Argentina turun dari 70% menjadi 60%. Sebaliknya, volume perdagangan Bitcoin dan Ethereum di Belo meningkat sepuluh kali lipat pada awal tahun 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pergeseran ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, harga Bitcoin yang sedang naik membuat aset ini lebih menarik bagi investor.

Kedua, stablecoin sering digunakan untuk transaksi atau pembayaran lintas batas, sementara Bitcoin lebih cocok untuk investasi jangka panjang.

Adopsi Bitcoin dalam Transaksi Sehari-hari

Selain sebagai aset investasi, Bitcoin juga mulai digunakan dalam transaksi sehari-hari di Argentina.

Pada bulan Desember 2023, Menteri Luar Negeri, Perdagangan Internasional, dan Ibadah Argentina, Diana Mondino, mengumumkan bahwa pemerintah akan mengizinkan penggunaan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam kondisi tertentu.

Sejak saat itu, beberapa transaksi menggunakan Bitcoin mulai terjadi di Argentina. Salah satu contohnya adalah perjanjian sewa rumah di Rosario, kota terbesar ketiga di Argentina, di mana seorang pemilik rumah dan penyewa menyepakati pembayaran sewa bulanan menggunakan Bitcoin. Telusuri selengkapnya di Pertama Kalinya! Kota di Argentina ini Terima Bitcoin untuk Sewa Properti

Secara keseluruhan, krisis mata uang yang melanda Argentina telah mendorong warga negara tersebut untuk mencari alternatif investasi yang aman dan stabil. Bitcoin menjadi pilihan utama karena dianggap memenuhi kriteria tersebut.

Selain itu, Bitcoin juga mulai digunakan dalam transaksi sehari-hari, meskipun masih terbatas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: