Kalahkan Dominasi Pria, Para Wanita Jadi Pemimpin Startup AI di Kota Hyderabad, India!

Kalahkan Dominasi Pria, Para Wanita Jadi Pemimpin Startup AI di Kota Hyderabad, India!

Meskipun industri teknologi, khususnya AI, dikenal didominasi oleh pria, Hyderabad menunjukkan bahwa perubahan besar sedang berlangsung. Dengan wanita memimpin sekitar 25% dari startup AI di kota ini, Hyderabad berada di garis depan dalam mendorong keragaman gender di sektor teknologi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengatasi Kesenjangan Gender di AI

Menurut data dari World Economic Forum, hanya 22% profesional AI di seluruh dunia yang merupakan wanita. Namun, di Hyderabad, angka ini hampir mencapai 25%, menunjukkan kemajuan signifikan dalam mendorong inklusivitas gender.

Lebih mengesankan lagi, banyak dari startup yang dipimpin oleh wanita ini telah menerima pendanaan pribadi yang signifikan atau dipilih untuk inkubasi di bawah Telangana Artificial Intelligence Mission (T-AIM).

Dengan sekitar 140 startup AI di Hyderabad, hampir 30 di antaranya didirikan dan dipimpin oleh wanita tech entrepreneur, menurut data dari Nasscom dan T-AIM.

Baca Juga: Salah Satu Perusahaan “Big Four” Merogoh Kocek $1,4 Miliar untuk Revolusi AI dalam Industri Konsultasi

Kisah Sukses Wanita Pemimpin di AI

wanita pemimpin di ai
Sumber: LinkedIn

Dilansir dari Cryptopolitan, Sridevi K Reddy, pendiri Zithara Technologies, mengembangkan solusi berbasis AI untuk sektor ritel. Setelah mendapatkan investasi dari sebuah acara realitas TV Telugu, perusahaan ini mulai mendapatkan tawaran investasi dari negara lain.

Bukan hanya penduduk lokal, Hyderabad juga menarik entrepreneur wanita AI dari kota-kota lain. Sebagai contoh, Pooja HS, pendiri Sacrolife Digital Health Care Technologies, yang asalnya dari Bengaluru, berencana untuk pindah ke Hyderabad untuk mengembangkan alat analitik berbasis AI untuk kesehatan reproduksi wanita.

Dengan berbagai solusi inovatif yang ditawarkan, dari ritel hingga kesehatan, wanita-wanita ini memimpin perubahan dan inovasi di industri AI.

Hyderabad telah menjadi contoh bagaimana sebuah kota dapat mendorong keragaman gender di sektor teknologi yang biasanya didominasi pria. Dengan dukungan yang kuat dari komunitas dan pemerintah setempat, serta semangat inovasi yang tinggi, wanita entrepreneur di Hyderabad siap untuk mengubah wajah industri AI, baik di India maupun di panggung global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: