International Women’s Day: Begini Peran Wanita di Dunia Crypto!

author:

International Women’s Day: Begini Peran Wanita di Dunia Crypto!

Dalam dekade terakhir, dunia crypto telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh inovasi teknologi yang terus menerus.

Di tengah evolusi pesat blockchain dan cryptocurrency, pentingnya mengakui dan memajukan keragaman gender menjadi aspek yang sangat vital.

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang kehadiran dan peran wanita di dunia crypto, menyoroti perbandingannya dengan sektor tradisional seperti fintech, kesehatan, dan ritel.

Keragaman Gender di Crypto dan Blockchain

Survei- Mayoritas Investor Wanita Bullish Pada Crypto
Sumber: freepik

Meskipun cryptocurrency merupakan bidang yang relatif baru, dominasi partisipasi pria telah menjadi ciri khas selama dekade pertama.

Baca juga: Wanita Pimpin Masa Depan Blockchain dengan Dana $10 Juta dari Bitget

Namun, dengan prinsip desentralisasi yang menjadi dasar blockchain dan crypto, muncul peluang untuk menciptakan lingkungan keuangan yang lebih inklusif.

Saat ini, semakin banyak wanita yang berperan sebagai investor, pendiri, dan talenta terampil di ruang crypto dan blockchain, menandai kehadiran “Crypto Gals” yang siap berjalan berdampingan dalam mendorong masa depan blockchain yang didorong oleh talenta dan inklusif untuk semua gender.

Investasi Wanita dalam Blockchain dan Crypto

Studi penelitian oleh bursa crypto eToro pada Mei 2018 mengungkapkan bahwa hingga saat itu, partisipasi wanita dalam investasi cryptocurrency masih rendah, dengan pria menyumbang 91,5% dari semua investor di seluruh dunia dan wanita hanya 8,5%.

Namun, enam tahun kemudian, terjadi pertumbuhan signifikan dalam keterlibatan wanita, dipimpin oleh generasi Milenial, generasi Z muda, dan wanita di ekonomi berkembang, terutama di Asia, dengan India dan Vietnam memimpin.

Pada tahun 2023, data kepemilikan cryptocurrency menunjukkan bahwa 37% dari 420 juta pemegang crypto global adalah wanita, hampir mendekati 155 juta.

Baca juga: Kalahkan Pria, 76% Wanita di Singapura Berhasil Cuan dari Trading Crypto

Partisipasi Wanita dalam Pekerjaan dan Kewirausahaan Crypto

Meskipun jumlah wanita yang menggunakan dan berinvestasi dalam crypto meningkat, skenario pasar kerja terlihat berbeda. Pada tahun 2023, laporan yang tersedia terbatas menunjukkan bahwa wanita memegang sekitar 26% dari semua pekerjaan di industri crypto, sementara hanya sekitar 6% dari peran kepemimpinan tingkat atas yang dipegang oleh wanita.

Meski begitu, inisiatif seperti Blockchain4Her oleh Bitget, yang dirancang untuk mempromosikan keragaman gender dan inklusivitas dalam industri blockchain, datang dengan komitmen substansial sebesar $10 juta, menjanjikan lingkungan yang mendukung inklusi wanita dalam semua aspek ekosistem blockchain.

Secara keseluruhan, seiring berkembangnya industri crypto dan blockchain, perbandingan dengan sektor tradisional menjadi semakin jelas.

Meskipun tantangan masih ada, industri ini telah menyaksikan pergeseran positif, dengan inisiatif, partisipasi wanita yang tumbuh, dan perubahan lanskap yang mencerminkan potensi untuk masa depan yang lebih inklusif.

Pelajaran dari sektor tradisional menekankan pentingnya langkah proaktif dan inklusivitas dalam membentuk masa depan yang seimbang dan beragam bagi wanita di blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: