Kebijakan Baru Mengejutkan: WalletConnect Batasi Akses di Rusia, Apa Dampaknya?

Kebijakan Baru Mengejutkan: WalletConnect Batasi Akses di Rusia, Apa Dampaknya?

Startup web3 asal Amerika Serikat, WalletConnect, mengumumkan pembatasan layanannya di Rusia mulai 30 Oktober, mengikuti panduan dari Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) AS. Langkah ini diambil seiring dengan meningkatnya ketegangan geopolitik dan peraturan pemerintah baru, menandai babak baru dalam regulasi crypto global yang semakin kompleks. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembatasan WalletConnect dan Panduan OFAC

pembatasan walletconnect di rusia
Sumber: Cryptoslate

WalletConnect, yang berperan penting dalam menghubungkan dompet blockchain dengan aplikasi terdesentralisasi (dApps), mengambil keputusan ini untuk mematuhi panduan OFAC. Sejak 2021, OFAC telah aktif menargetkan aliran cryptocurrency di Rusia, terutama dengan konflik berkelanjutan antara Rusia dan Ukraina yang memicu sanksi dari negara-negara Barat.

CEO WalletConnect, Pedro Gomes, menjelaskan bahwa pembatasan ini dilakukan sesuai dengan panduan OFAC. Gomes juga menegaskan bahwa pembatasan akses dari alamat IP Ukraina adalah sementara dan telah segera dikembalikan untuk wilayah Ukraina yang tidak terkena dampak sanksi.

Baca Juga: Kraken Luncurkan Marketplace NFT, Dukung 250 Koleksi NFT dan Bermitra dengan F1!

Dampak pada Ekosistem Crypto dan Regulasi

Keputusan WalletConnect menyoroti kompleksitas yang dihadapi oleh platform berbasis blockchain dalam menavigasi kerangka regulasi yang rumit di berbagai negara. Rusia, dengan seperangkat regulasi crypto yang unik, telah lama menjadi titik fokus diskusi dalam komunitas crypto global.

Sanksi AS terhadap gateway crypto di Rusia dan Timur Tengah telah menjadi sangat ketat, terutama di tengah ketegangan geopolitik yang berlangsung. Departemen Keuangan AS dan pembuat kebijakan secara aktif mengejar legislasi yang bertujuan untuk memerangi pendanaan terorisme dan perang melalui aset digital.

Baca Juga: Terobosan Besar dari Baby Doge Coin, Integrasi WalletConnect untuk Token Swapping!

Kebijakan Baru dan Masa Depan Crypto

kebijakan baru crypto rusia
Sumebr: PYMNTS

Jaringan Keuangan Kejahatan (FinCEN) telah mengusulkan undang-undang baru untuk meningkatkan pengawasan atas layanan pencampuran crypto, dan Senator Elizabeth Warren telah menggalang dukungan kongres untuk legislasi yang menargetkan penggalangan dana teror crypto.

Keputusan WalletConnect untuk membatasi akses di Rusia menekankan pentingnya mematuhi panduan internasional untuk memastikan kelangsungan dan kredibilitas ekosistem crypto. Ini juga menandai era baru dalam regulasi crypto yang bertanggung jawab dan terinformasi.

Dengan pembatasan akses di Rusia, WalletConnect menunjukkan komitmennya untuk mematuhi regulasi internasional, meskipun hal ini mungkin menimbulkan tantangan baru bagi pengguna di wilayah tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: