Metamask Snaps, Inovasi Terbaru dari Metamaks

Metamask Snaps, Inovasi Terbaru dari Metamaks

MetaMask, wallet crypto populer, menyoroti beberapa area inovasi utama dalam konferensi EtherCC. Fokus utama adalah pada ‘abstraksi akun’ untuk membuat dompet kripto lebih cerdas dan peningkatan kompetisi dalam ruang wallet crypto, dengan banyak pesaing yang berharap bisa merebut pangsa pasar MetaMask wallet.

Banyaknya bermunculan platform dompet crypto lainnya, membuat MetaMask wallet mendapatkan banyak kritikan dari beberapa pihak yang merasa bahwa MetaMask wallet kurang inovatif dan harus berupaya untuk mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru. Dalam wawancaranya dengan Decrypt, Product Lead MetaMask wallet menanggapi beberapa hal terkait upaya untuk memperbaiki MetaMask.

Berbicara pada konferensi, Product Lead MetaMask wallet menekankan dua tipe akun Ethereum:

  • Akun yang Dimiliki oleh Eksternal (EOA), berdasarkan tipe ini MetaMask beroperasi, yang menandatangani transaksi dengan kunci pribadi. Jika Anda kehilangan kunci pribadi, Anda kehilangan akses ke semua aset Anda.
  • Smart contract wallet, yang telah ada selama beberapa waktu.

MetaMask wallet menunjukkan bahwa mereka berkomitmen untuk melihat ke depan dan menerima inovasi baru, seperti pengenalan smart wallet seperti Gnosis Safe yang memberikan fungsi tambahan seperti solusi multisig dan pemulihan sosial. Mereka menyadari bahwa MetaMask juga harus berkembang seiring perkembangan Ethereum.

Saat membahas tantangan yang datang dengan memperkenalkan fitur baru ke MetaMask wallet seperti smart wallet, mereka mencatat bahwa komunitas Ethereum saat ini sangat fokus pada ERC-4337, yang merupakan solusi wallet yang menarik. Mereka bersemangat untuk membangun ekosistem yang lebih kuat di sekitarnya, tetapi masih ada beberapa aspek yang belum matang dan belum siap untuk 30 juta pengguna.

MetaMask wallet berharap bisa membawa lebih banyak inovasi ke platform dengan memperkenalkan serangkaian API baru yang disebut MetaMask Snaps. Ini memungkinkan pengembang untuk memperluas fungsi wallet dengan cara apa pun. Mereka bisa membuat Snap dan menambahkannya ke MetaMask untuk memperkenalkan fitur-fitur baru.

Untuk mempertahankan pertumbuhan pengguna, MetaMask wallet berfokus pada menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya. Mereka menegaskan pentingnya berhati-hati dalam memilih mitra dan memastikan bahwa setiap fitur yang diperkenalkan aman dan berfungsi dengan baik.

Pada topik L2, MetaMask wallet melihat tren ini sebagai sesuatu yang akan terus berkembang. Mereka menekankan bahwa solusi L2 memenuhi kebutuhan untuk transaksi yang lebih cepat dan lebih hemat biaya, dan ini mungkin menjadi pilihan yang lebih menarik bagi pengguna kripto baru daripada Ethereum utama.

Ditanya tentang spekulasi yang beredar tentang MetaMask wallet merilis token mereka sendiri, mereka menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk merilis token seperti itu saat ini.

Referensi: