Geser Posisi USDT, Stablecoin USDC Mendominasi Volume Transaksi Tertinggi

author:

Geser Posisi USDT, Stablecoin USDC Mendominasi Volume Transaksi Tertinggi

Jakarta, Pintu News – Crypto stablecoin, terutama USDC, telah mengalami lonjakan dalam volume transaksi, melampaui pesaing utamanya, USDT, menurut laporan terbaru dari Visa.

Peristiwa ini menandai pergeseran signifikan dalam pasar stablecoin dan menunjukkan peningkatan adopsi dan kepercayaan terhadap USDC.

Kalahkan USDT, USDC Mendominasi Volume Transaksi Tertinggi

USDC, stablecoin yang didukung oleh Circle, telah menggantikan USDT sebagai stablecoin dengan volume transaksi tertinggi menurut laporan dari Visa.

Baca juga: Visa Meluncurkan Dashboard Analitik untuk Stablecoin dengan Filter “Noise”

Menurut analisis on-chain oleh raksasa pembayaran Visa, USDC mencatat 166,6 juta transaksi pada bulan April 2024, melampaui 163,6 juta transaksi bulanan USDT.

Sumber: Visa

USDC telah memakan pangsa pasar transaksi stablecoin sejak akhir tahun 202. Pada Desember 2023, 145 juta transaksi bulanan USDC membalikkan 127 juta transaksi USDT untuk pertama kalinya, menurut Visa.

Perkembangan ini merupakan kejutan yang signifikan bagi pelaku industri, mengingat Tether adalah stablecoin terbesar di dunia sejauh ini, dengan kapitalisasi pasar lebih dari $ 110 miliar, menyumbang lebih dari 68% dari total pangsa pasar stablecoin.

Angka-angka tersebutlah yang membuat stablecoin Tether lebih dari tiga kali lebih besar dari USDC milik Circle, yang saat ini bernilai $33,5 miliar, menurut data CoinMarketCap.

Jumlah Pengguna USDT Masih Juara

Meski demikan, dalam hal jumlah pengguna, stablecoin Circle masih jauh di belakang jumlah pengguna Tether. USDT digunakan oleh lebih dari 34,2 juta dompet unik pada April 2024, sementara USDC Circle hanya memiliki 9,57 juta pengguna unik.

Sumber: Visa

Terdapat total 27,3 juta pengguna stablecoin unik dan 21,4 juta alamat pengirim stablecoin unik dalam 30 hari terakhir.

Baca juga: Laporan Terbaru Visa: Solana Kalahkan Ethereum dalam Transaksi Stablecoin

Empat stablecoin yang dilacak oleh Visa, yang juga mencakup dolar Paxos (USDP) dan PayPal USD (PYUS, mencatat lebih dari $ 2,3 triliun total volume transaksi dalam lebih dari 352 juta transaksi selama 30 hari terakhir, menurut dasbor Visa.

Sumber: Visa

Secara keseluruhan, dengan USDC memimpin dalam volume transaksi, sektor crypto dapat mengharapkan lebih banyak inovasi dan pertumbuhan di masa depan. Ini menunjukkan bahwa pasar crypto terus berkembang dan beradaptasi, memberikan peluang baru bagi investor dan pelaku industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: BlockBank