Meski Euforianya Tinggi, Volume Transaksi ETF Ethereum Rendah, Apa yang Terjadi?

author:

Meski Euforianya Tinggi, Volume Transaksi ETF Ethereum Rendah, Apa yang Terjadi?

Peluncuran ETF Ethereum yang telah lama ditunggu-tunggu oleh banyak pedagang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Sejak diluncurkan, volume transaksi yang rendah menjadi fokus utama, namun optimisme untuk peluncuran ETF Spot masih tinggi.

ETF Ethereum: Euforia Tinggi, Volume Transaksi Rendah

Peluncuran ETF Ethereum yang telah lama ditunggu-tunggu oleh banyak pedagang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

peluncuran etf ethereum
Sumber: Twitter

Menurut Eric Balchunas, analis senior ETF dari Bloomberg, volume transaksi kumulatif untuk ETF pada hari perdagangan pertama hanya sedikit di bawah $2 juta. Meskipun volume transaksi ini cukup normal untuk ETF baru, namun jika dibandingkan dengan ETF Bitcoin yang mencatat lebih dari $200 juta dalam 15 menit pertama setelah diluncurkan, volume transaksi ETF Ethereum ini tergolong rendah.

Baca juga: Ethereum Futures ETF Resmi Diperdagangkan di Amerika Serikat, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

ETF Ethereum ini telah mendapatkan persetujuan dari Securities and Exchange Commission (SEC) dan diluncurkan oleh beberapa perusahaan seperti VanEck, ProShares, Valkyrie dan Bitwise. Namun, volume transaksi yang rendah ini menimbulkan pertanyaan, apa yang tidak beres?

Kemungkinan Penyebab Volume Transaksi Rendah

Salah satu alasan potensial dari volume transaksi yang rendah ini adalah karena industri lebih memilih versi ETF Spot dari Bitcoin dan Ethereum, bukan versi futures. Saat ini, SEC sedang berada di bawah tekanan dari industri untuk menyetujui lebih banyak aplikasi ETF Spot Bitcoin.

Selain itu, faktor lain yang mungkin mempengaruhi volume transaksi rendah ini adalah karena semua produk diluncurkan pada hari yang sama. SEC ingin mencegah satu dana dari mendominasi pasar, sehingga mereka memutuskan untuk meluncurkan semua produk pada hari yang sama.

Baca juga: 5 Aplikasi Penghasil Ethereum Secara Gratis!

Optimisme untuk ETF Spot

Meski volume transaksi ETF Ethereum rendah, optimisme untuk peluncuran ETF Spot masih tinggi. Industri crypto sangat berharap SEC akan menyetujui lebih banyak ETF Spot Bitcoin dalam waktu dekat.

Dengan ETF Spot, investor dapat memiliki eksposur langsung ke aset crypto tanpa harus berurusan dengan kontrak futures.

Meski peluncuran ETF Ethereum ini tidak sesuai dengan harapan, namun ini tetap menjadi langkah maju bagi industri crypto. Dengan adanya ETF, investor mainstream dapat memiliki eksposur ke ruang crypto.

Sekarang, semua mata tertuju pada SEC, apakah mereka akan menyetujui lebih banyak ETF Spot Bitcoin dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: