Berkat DAI, Volume Stablecoin Ethereum Pecahkan Rekor Bulanan di Bulan April 2024

author:

Berkat DAI, Volume Stablecoin Ethereum Pecahkan Rekor Bulanan di Bulan April 2024

Jakarta, Pintu News – Setelah berbulan-bulan dengan aktivitas yang sebagian besar datar, total volume stablecoin bulanan di Ethereum telah meningkat selama tiga bulan berturut-turut, yang berpuncak pada bulan yang memecahkan rekor volume pada bulan April 2024.

Aktivitas Pinjaman Kilat Dihitung

Dilansir dari The Block, poin data yang menyatakan bahwa total volume stablecoin bulanan Ethereum meingkat ini memiliki peringatan penting: aktivitas pinjaman kilat dihitung, bukan disaring.

Baca juga: Setelah 800 Minggu Sejak Peluncuran, Bitcoin Tembus Satu Miliar Transaksi!

Tanpa aktivitas pinjaman kilat, volume stablecoin masih mengalami bulan yang solid, yang mana FDUSD mengalami bulan terbaiknya dalam catatan, meskipun volume stablecoin yang difilter datang sedikit di bawah level Maret.

Tetapi memasukkan aktivitas pinjaman kilat dalam data menunjukkan bulan yang memecahkan rekor untuk volume stablecoin, berkat satu stablecoin khususnya: DAI.

DAI semakin banyak digunakan dalam transaksi MEV yang kompleks, sering kali melibatkan pinjaman kilat, di mana sebagian besar DAI dicetak dan dikembalikan dalam satu transaksi. Salah satu transaksi tersebut menambahkan hampir satu miliar dolar volume DAI saja.

Volume DAI Melonjak, Menguasai Pasar Stablecoin Ethereum

Volume DAI pada bulan April, $636 miliar, merupakan mayoritas dari total volume on-chain untuk stablecoin Ethereum, yang mencapai hampir $1,2 triliun untuk bulan tersebut. Volume DAI di bulan April juga lebih dari tiga kali lipat totalnya di bulan Maret.

Pasokan DAI juga tumbuh bersamaan, menambahkan sekitar satu miliar dolar token sejak 7 Maret, hingga mencapai total pasokan saat ini sebesar 5,44 miliar, menurut data The Block.

Sementara stablecoin lain juga mengalami peningkatan volume, DAI sedikit meningkatkan pangsa pasokan stablecoin total selama periode tersebut. Bulan Mei bisa menjadi bulan penting lainnya bagi DAI.

Baca juga: Berkinerja Baik, Analis Memprediksi Harga Tertinggi Sepanjang Masa Solana (SOL) akan Datang!

Sejak 1 Mei 2024, pasokan DAI telah meningkat $220 juta lagi, menurut MakerBurn. Namun, pesaing seperti USDe Ethena dan stablecoin Ripple yang akan datang dapat memperumit masalah pasokan DAI di masa mendatang.

Harga MKR Tertekan Meski Volume DAI Meningkat

Sumber: The Block

Meskipun terjadi peningkatan volume DAI, harga Maker (MKR), token MakerDAO, organisasi yang mendukung DAI, sebagian besar turun selama bulan April sebelum melihat sedikit kenaikan pada awal bulan Mei 2024.

Peningkatan volume stablecoin di Ethereum, terutama DAI, menunjukkan pertumbuhan dan adopsi aset kripto yang stabil.

Namun, persaingan yang semakin ketat dari stablecoin lain dan potensi regulasi dapat mempengaruhi dinamika pasar stablecoin di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: