Volume Pinjaman NFT Tembus $2 Miliar di Q1 2024, Ini Datanya!

Volume Pinjaman NFT Tembus $2 Miliar di Q1 2024, Ini Datanya!

Jakarta, Pintu News – Pasar pinjaman NFT telah mencapai tonggak sejarah yang signifikan. Pada kuartal pertama tahun 2024, volume pinjaman NFT melampaui $2 miliar, menandai tingkat pertumbuhan sebesar 44% dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2023. Pertumbuhan yang cepat ini menarik perhatian dari investor dan pemegang NFT. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pemegang NFT dan Pinjaman NFT

Apa yang mendorong tren ini? Jawabannya terletak pada pemegang NFT jangka panjang. Individu atau organisasi ini telah memegang aset digital unik mereka untuk sementara waktu, menyaksikan nilainya meroket. Namun, mereka mungkin tidak dapat mengakses nilai tersebut, terutama jika mereka tidak ingin menjual NFT mereka

Pinjaman NFT menawarkan solusi bagi pemegang NFT ini. Dengan meminjamkan NFT mereka, mereka dapat mengakses likuiditas tanpa harus menjual aset mereka. Ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan kepemilikan NFT mereka sambil tetap memperoleh keuntungan finansial.

Baca Juga: NFT FC Barcelona Mejeng di Museum, Ada Johan Cruyff dan Alexia Putellas!

Platform Pinjaman NFT Teratas

nft lending
Sumber: Mudrex

Di antara berbagai platform pinjaman NFT, Blend mendominasi pasar dengan pangsa pasar sebesar 92,9%. Blend diluncurkan pada bulan Mei 2023 sebagai protokol pinjaman yang ditawarkan oleh pasar NFT terkemuka Blur (BLUR), dan langsung menguasai pangsa pasar sebesar 82,7% pada bulan yang sama.

Sejak saat itu, pangsa pasar bulanan Blend tetap memimpin, berkisar antara 88,8% hingga 96,5%. Pada Q1 2024, Blend mengalami peningkatan volume pinjaman NFT sebesar 49,2% secara kuartal-ke-kuartal (QoQ) hingga mencapai rekor baru sebesar $2,02 miliar.

Platform pinjaman NFT populer lainnya adalah Arcade (ARCD) dengan pangsa pasar 2,8% dari volume pinjaman NFT sebesar $16,94 juta, dan NFTfi (NFTFI) dengan pangsa pasar 2,2% dari volume pinjaman NFT sebesar $13,32 juta pada bulan Maret 2024.

Arcade dan NFTfi adalah satu-satunya platform pinjaman NFT lain yang berhasil secara konsisten menguasai pangsa pasar bulanan di atas 1,0% sejak tahun lalu.

Baca Juga: 7 Memecoin Teratas Berpotensi Meroket 10-50x Lipat di Tahun 2024

Pertumbuhan Pasar Pinjaman NFT

Total volume pinjaman NFT mencapai rekor tertinggi sebesar $2,13 miliar pada kuartal terakhir, mewakili pertumbuhan sebesar 43,6% secara QoQ karena 5 dari 6 platform pinjaman NFT terbesar mengalami peningkatan volume. Secara khusus, Januari 2024 mencatat rekor volume pinjaman NFT bulanan sebesar $0,90 miliar, melampaui rekor sebelumnya sebesar $0,85 miliar pada bulan Juni 2023.

Mengingat bahwa pinjaman NFT masih didominasi oleh koleksi NFT Ethereum karena sinergi antara Blend dan Blur, dampak dari Bitcoin Ordinals yang semakin populer di pasar pinjaman NFT mungkin perlu diperhatikan.

Kesimpulan

Pasar pinjaman NFT telah melampaui $2 miliar dalam volume dan diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan semakin banyaknya pemain yang memasuki pasar. Dengan Blend yang mendominasi industri, platform lain juga mengalami peningkatan volume pinjaman yang signifikan.

Tren ini didorong oleh pemegang NFT jangka panjang yang ingin mengakses likuiditas tanpa menjual aset berharga mereka. Dengan diperkenalkannya token dan jenis agunan baru, pasar pinjaman NFT akan menjadi lebih beragam dan kompetitif. Ini adalah waktu yang menarik untuk tren yang sedang berkembang di dunia NFT ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi