Volume Perdagangan Upbit Anjlok 75% Setelah Capai Tertinggi di Maret

Volume Perdagangan Upbit Anjlok 75% Setelah Capai Tertinggi di Maret

Jakarta, Pintu News – Perdagangan aset kripto di Korea Selatan sedang mengalami penurunan yang signifikan. Volume perdagangan harian di Upbit, salah satu bursa kripto terbesar di Korea Selatan, telah jatuh hingga 75% dari titik tertinggi tahun ini.

Penurunan ini menandakan bahwa perdagangan altcoin yang sempat merajalela mulai meredup, dan aset digital selain Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) mungkin akan kesulitan mempertahankan valuasi yang tinggi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volume Perdagangan Harian di Upbit Merosot Tajam

Menurut data dari CoinGecko, volume perdagangan harian di Upbit hanya mencapai $3,79 miliar dalam 24 jam terakhir. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan volume perdagangan tertinggi yang tercatat pada tanggal 5 Maret lalu, yaitu sebesar $15 miliar. Penurunan volume perdagangan ini terjadi setelah kapitalisasi pasar total altcoin sempat melonjak ke level tertinggi dua tahun terakhir, yaitu $788 miliar pada tanggal 5 Maret.

Matrixport, sebuah perusahaan jasa keuangan kripto, mengatakan bahwa volume perdagangan kripto mulai meroket pada awal Maret karena adanya gelombang aktivitas altcoin di pasar. Antisipasi terhadap peningkatan Dencun dengan biaya transaksi yang rendah memicu mania ini, dan beberapa perkembangan politik membawa kripto ke garis depan pemilihan politik. Namun, dengan penurunan volume, keberlanjutan reli altcoin menjadi pertanyaan.

Baca Juga: Revolusi Pendidikan Bitcoin: El Salvador Pimpin Gerakan Literasi Keuangan Global!

Altcoin Mendominasi Perdagangan di Upbit

grafik volume perdagangan upbit
Grafik volume perdagangan bursa harian Upbit. Sumber: CoinGecko

Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan volume perdagangan di Upbit adalah fokus investor Korea Selatan yang lebih besar pada altcoin daripada Bitcoin dan Ethereum. Sebuah studi oleh DeSpread Research pada bulan Oktober menunjukkan bahwa investor Upbit terutama tertarik untuk memaksimalkan keuntungan melalui altcoin dan cenderung menerima risiko tinggi yang terkait dengan koin-koin ini.

Pasangan perdagangan Bitcoin dan Ethereum hanya menyumbang sebagian kecil dari total volume perdagangan di Upbit, dibandingkan dengan Coinbase yang terdaftar di Nasdaq, di mana aktivitas sebagian besar terkonsentrasi pada BTC dan ETH. Pada saat penulisan, pasangan perdagangan bitcoin-won Korea dan ether-won hanya menyumbang lebih dari 9% dari total volume perdagangan 24 jam sebesar $3,8 miliar. Sisanya berasal dari pasangan perdagangan altcoin-fiat.

Baca Juga: Inovasi Bitwise dalam Transparansi: ETF Bitcoin AS Pertama yang Membuka Alamat Dompet Digitalnya!

Keberlanjutan Reli Altcoin Dipertanyakan

Penurunan volume perdagangan di Upbit menunjukkan bahwa reli altcoin yang terjadi pada awal Maret mungkin tidak berkelanjutan. Altcoin adalah aset kripto yang tidak termasuk dalam kategori Bitcoin dan Ethereum. Altcoin seringkali memiliki kapitalisasi pasar yang lebih kecil dan lebih fluktuatif dibandingkan dengan Bitcoin dan Ethereum.

Analis pasar khawatir bahwa penurunan volume perdagangan altcoin dapat berdampak negatif terhadap keseluruhan pasar kripto. Jika investor mulai kehilangan minat pada altcoin, mereka mungkin akan menarik dana mereka dari pasar kripto dan beralih ke aset investasi lain yang lebih aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi