Dukung Royalti untuk Pencipta NFT, Volume Perdagangan Rarible Melonjak 637%!

author:

Dukung Royalti untuk Pencipta NFT, Volume Perdagangan Rarible Melonjak 637%!

Rarible, platform perdagangan NFT, telah mengalami peningkatan volume perdagangan yang signifikan setelah mengeluarkan pernyataan publik yang mendukung royalti pencipta NFT. Langkah ini datang sebagai respons terhadap keputusan pesaing seperti OpenSea untuk menghapus dukungan terhadap royalti.

Rarible: Peningkatan Volume Perdagangan 637%

Sumber: Twitter

Menurut data dari DappRadar, volume perdagangan fiat di Rarible meningkat hampir 637% dalam 24 jam, mencapai lebih dari $45.000 pada 23 Agustus 2023.

Peningkatan ini mengalahkan OpenSea dan LooksRare, yang mengalami penurunan volume perdagangan masing-masing sekitar 19% dan 74% selama periode yang sama.

Baca juga: Ini Dia 6 Perilisan NFT yang Tak Boleh Kamu Lewatkan: Tandai Tanggal 21-28 Agustus 2023!

Alex Salnikov, salah satu pendiri Rarible, menyatakan pada 22 Agustus bahwa platformnya “tidak akan lagi mendukung pasar yang mengabaikan royalti,” dan berencana untuk menghentikan agregasi pesanan dari OpenSea, LooksRare, atau X2Y2 mulai 30 September 2023.

Rarible Mempertahankan Royalti Pencipta

rarible pertahankan royalti pencipta nft
Sumber: Crypto News

Rarible telah berkomitmen untuk mendukung royalti pencipta, berlawanan dengan tren yang sedang berkembang di pasar NFT untuk membuat royalti menjadi opsional.

Salnikov menyatakan bahwa “ruang ini adalah tentang mendefinisikan kembali paradigma di mana kreativitas dinilai dan dikompensasi,” dan menegaskan bahwa Rarible tidak akan tinggal diam saat janji ini diambil alih.

Keputusan ini berbeda dengan OpenSea, yang pada Februari menghentikan penegakan royalti pencipta NFT dan pada 31 Agustus 2023 nanti akan beralih ke biaya pencipta opsional.

Baca juga: Krisis Royalti NFT: Keputusan Terbaru OpenSea Bikin Yuga Labs Tarik Dukungannya!

Dampak pada Pasar NFT Lainnya

Keputusan Rarible untuk mendukung royalti pencipta telah mengguncang pasar NFT, dengan beberapa platform lain mengikuti jejak Rarible dalam mendukung royalti.

Sementara itu, royalti yang diperoleh oleh proyek NFT berbasis Ethereum telah mencapai titik terendah dalam dua tahun, menurut data Juli dari firma analitik Nansen.

Dalam konteks ini, Rarible muncul sebagai pelopor dalam mendukung hak-hak pencipta, yang mungkin akan membentuk tren baru dalam ekosistem NFT.

Pada akhirnya, Rarible telah menunjukkan bahwa dukungan terhadap royalti pencipta adalah langkah yang berani dan berdampak dalam dunia NFT. Dengan meningkatkan volume perdagangan dan menetapkan preseden untuk pasar lain, Rarible telah membuktikan bahwa etika dan integritas dapat menjadi faktor penentu dalam kesuksesan di pasar yang kompetitif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: