Volume Perdagangan NFT Ethereum Capai Titik Terendah Sejak Juli 2021, Kenapa?

author:

Volume Perdagangan NFT Ethereum Capai Titik Terendah Sejak Juli 2021, Kenapa?

Selama akhir pekan, NFT di blockchain Ethereum mengalami volume perdagangan terendah dalam kurang lebih dua tahun, mencerminkan perlambatan di beberapa bagian ruang ini dalam beberapa bulan terakhir.

NFT di blockchain Ethereum melihat volume sekitar 11,900 ETH, senilai sekitar $22,1 juta, selama akhir pekan, menurut direktur penelitian komunitas Web3, Proof, yang dikenal sebagai NFTstats.eth di Twitter.

Volume Perdagangan NFT Terendah Sejak Juli 2021

volume perdagangan nft ethereum
Sumber: Twitter

Menurut data yang dibagikan oleh NFTstats.eth pada 31 Juli 2023, angka yang dicatat menandai total terendah sejak Juli 2021. Sebelum ini, volume perdagangan akhir pekan terendah tahun ini adalah sekitar 15,400 ETH, yang 29% lebih tinggi dari total yang dicatat dalam dua hari terakhir.

Baca juga: Buka Pintu untuk Pengguna Baru, Sorare Luncurkan Cash Wallet NFT, Gimana Cara Kerjanya?

“Akhir pekan cenderung sedikit lebih lambat daripada hari lain – tetapi hanya potongan data lainnya,” kata direktur penelitian Proof dalam tweet terpisah.

Volume turun terbaru untuk NFT di Ethereum mencerminkan tren turun yang lebih luas di segmen NFT.

Penurunan Volume Perdagangan NFT

Volume perdagangan NFT turun 35% kuartalan, menurut laporan CoinGecko yang diterbitkan pada 18 Juli 2023 dari $4,84 miliar dalam tiga bulan pertama 2023 menjadi $3,15 miliar selama kuartal kedua.

Bagian yang tumbuh dari segmen ini adalah pinjaman NFT, yang melonjak 453% dari April hingga Mei 2023. Angka ini sebagian disebabkan oleh peluncuran Blend oleh marketplace Blur, menurut data CoinGecko.

Sementara bagian Blur dari total nilai perdagangan tumbuh dari 56% dalam tiga bulan pertama 2023 menjadi 65% di kuartal kedua, bagian volume OpenSea turun dari 33% menjadi 23% selama periode itu.

Baca juga: TVL Blur Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Masa Rp2,3 Triliun, Gimana Kabar OpenSea?

Siklus Bear dan Bull Pasar NFT

gunakan nft sebagai rekrutmen
Sumber: Forbes

Volume NFT Ethereum OpenSea untuk Juli berdiri sekitar 66,000 ETH pada hari terakhir bulan, menurut data Dune, turun dari 88,520 ETH pada Juni 2023. Angka bulanan telah turun setiap bulan sejak puncaknya pada 2023 hampir 400,000 ETH pada Februari.

“Seperti halnya crypto lainnya, pasar NFT mengalami siklus bear dan bull,” kata Chief Business Officer OpenSea, Shiva Rajaraman, kepada Blockworks awal bulan ini.

“Kami menggunakan siklus ini untuk mempersiapkan dan membangun untuk gelombang adopsi berikutnya.”

Meski demikian, penurunan volume perdagangan ini menunjukkan bahwa pasar NFT mengalami tantangan dan perubahan, dan mungkin mempengaruhi bagaimana investor dan pengguna melihat dan berinteraksi dengan NFT di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: