Volume Perdagangan Crypto di Korea Selatan Mencapai Puncaknya! Apa Faktor Pendorongnya?

Volume Perdagangan Crypto di Korea Selatan Mencapai Puncaknya! Apa Faktor Pendorongnya?

Korea Selatan menjadi sorotan dunia dengan lonjakan aktivitas perdagangan crypto yang signifikan dalam 100 hari terakhir. Dua raksasa bursa crypto, Upbit dan Bithumb, mencatat rekor volume perdagangan tertinggi di awal Januari 2024. Fenomena ini menandakan era baru dalam industri mata uang digital di negeri ginseng tersebut.

Lonjakan Aktivitas Perdagangan Crypto

Korea Selatan telah menyaksikan peningkatan dramatis dalam perdagangan crypto yang tidak terduga. Upbit dan Bithumb, sebagai dua pemain utama di pasar lokal, telah mencatat volume perdagangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada minggu pertama Januari 2024, kedua bursa ini mengalami lonjakan volume yang menandai titik tertinggi dalam sejarah perdagangan crypto di Korea Selatan.

Baca Juga: Korea Selatan Berupaya Bekukan Aset Crypto Korea Utara: Langkah Strategis Melawan Pencurian Digital?

Kenaikan ini tidak hanya mencerminkan minat yang tumbuh dari investor lokal tetapi juga menunjukkan kepercayaan yang meningkat terhadap aset digital. Analis pasar mengaitkan lonjakan ini dengan inovasi teknologi dan adopsi yang lebih luas dari crypto di kalangan masyarakat Korea Selatan. Peningkatan ini juga didorong oleh kebijakan pemerintah yang semakin mendukung industri crypto.

Upbit Mendominasi dengan Ethereum Classic

ethereum classic
Sumber: Investor Place

Meskipun Binance dan Coinbase menunjukkan kesamaan dalam lima mata uang digital teratas yang diperdagangkan, Upbit mengejutkan pasar dengan Ethereum Classic (ETC) sebagai mata uang yang paling banyak diperdagangkan.

Keunikan ini menempatkan Upbit pada posisi yang menarik di pasar crypto global, dengan ETC menjadi primadona di antara para trader Korea Selatan. Pilihan terhadap ETC di Upbit menunjukkan preferensi dan strategi yang berbeda dari bursa crypto lainnya.

Hal ini juga mencerminkan dinamika pasar yang unik di Korea Selatan, di mana investor cenderung mengikuti tren lokal yang mungkin tidak selalu sejalan dengan pasar global. Keberhasilan ETC di Upbit juga bisa menjadi indikator bagi investor untuk memperhatikan tren regional dalam membuat keputusan investasi.

Proyeksi Masa Depan dan Pengaruhnya

Dengan volume perdagangan yang mencapai puncaknya, proyeksi untuk tahun 2024 menunjukkan bahwa Korea Selatan akan terus menjadi kekuatan utama dalam pasar crypto global. Upbit dan Bithumb diperkirakan akan mempertahankan dominasi mereka, dengan inovasi dan layanan yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan trader.

Pasar crypto Korea Selatan juga diperkirakan akan mempengaruhi tren global, terutama dengan keberhasilan ETC di Upbit. Hal ini menunjukkan bahwa pasar lokal memiliki potensi untuk mengarahkan preferensi perdagangan di tingkat internasional.

Investor dan pengamat pasar harus memperhatikan perkembangan ini sebagai bagian dari strategi mereka dalam menghadapi pasar crypto yang dinamis.

Paragraf Penutup

Korea Selatan telah membuktikan diri sebagai pemain penting dalam kancah perdagangan crypto global. Dengan Upbit dan Bithumb di garis depan, negeri ini siap mengambil peran sebagai pusat inovasi dan pertumbuhan dalam industri mata uang digital.

Kita semua menantikan bagaimana dinamika pasar ini akan terus berkembang dan berkontribusi pada ekosistem crypto yang lebih besar.

Baca Juga: Bank of Korea dan Korea Exchange akan Menguji Aplikasi CBDC untuk Pasar Kredit Karbon!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi