Volume Perdagangan Crypto Melonjak Tinggi, Melampaui Angka $1 Triliun di Desember 2023!

author:

Volume Perdagangan Crypto Melonjak Tinggi, Melampaui Angka $1 Triliun di Desember 2023!

Desember 2023 menjadi saksi bisu terjadinya lonjakan fenomenal dalam dunia crypto, di mana volume perdagangan spot di bursa crypto melampaui angka $1 triliun. Ini merupakan kali pertama angka tersebut tercapai sejak lebih dari setahun yang lalu, menandakan kembalinya minat yang tinggi terhadap aset digital ini.

Menurut laporan, kenaikan ini didorong oleh harapan investor terhadap persetujuan ETF Bitcoin berbasis spot oleh SEC Amerika Serikat.

Rekor Volume yang Mencengangkan di Akhir 2023

Data yang dirangkum oleh The Block baru-baru ini menunjukkan bahwa total volume perdagangan di bursa crypto untuk bulan Desember 2023 mencapai angka yang mengejutkan, yaitu $1,1 triliun. Ini merupakan pencapaian tertinggi sejak Mei 2022, ketika volume perdagangan mencapai puncaknya di $1,35 triliun.

Baca juga: Ramalan Harga Bitcoin (BTC) 2024: Prediksi Mengejutkan yang Wajib Diikuti!

volume crypto
Sumber: The Block

Bursa crypto yang paling banyak menyumbang volume perdagangan adalah Binance, dengan kontribusi sebesar 39,3% dari total volume bulan Desember. Dalam nilai dolar AS, kontribusi Binance setara dengan $432,7 miliar. Ini menunjukkan dominasi Binance yang berkelanjutan di pasar crypto, meskipun menghadapi peningkatan pengawasan regulasi.

Persaingan Ketat di Puncak

Selain itu, bursa crypto asal Korea Selatan, Upbit, berhasil menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 8,3%, yang setara dengan $91,8 miliar. OKX tidak ketinggalan dengan mengamankan posisi ketiga dengan total volume perdagangan sebesar $87,5 miliar, atau 8% dari total volume.

Meskipun Binance masih memimpin, Upbit dan OKX menunjukkan peningkatan pangsa pasar mereka. Hal ini menandakan persaingan yang semakin ketat di antara bursa crypto terkemuka. Peningkatan volume perdagangan ini juga mencerminkan optimisme pasar terhadap kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin berbasis spot.

Baca juga: Gempar! Matrixport Memprediksi ETF Bitcoin Spot akan Ditolak SEC, Apa Dampaknya?

Antisipasi ETF Bitcoin Berbasis Spot

biaya etf bitcoin
Sumber: Forkast News

Lebih lanjut, peningkatan volume perdagangan ini terjadi bersamaan dengan meningkatnya antisipasi investor terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin berbasis spot oleh SEC. Keputusan ini diharapkan dapat terjadi secepatnya pada tanggal 10 Januari 2024.

Jika ETF Bitcoin berbasis spot ini disetujui, ini akan menjadi langkah besar bagi industri crypto karena akan memberikan akses yang lebih mudah bagi investor institusional dan ritel untuk berinvestasi di Bitcoin. Hal ini juga diharapkan akan membawa likuiditas yang lebih besar dan validasi lebih lanjut untuk aset crypto sebagai kelas investasi yang sah.

Secara keseluruhan, Desember 2023 telah menorehkan sejarah baru dalam volume perdagangan crypto, dengan harapan yang tinggi terhadap persetujuan ETF Bitcoin berbasis spot.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: