Terungkap! Volume Perdagangan Pasar Crypto Tembus $36 Triliun di Tahun 2023!

author:

Terungkap! Volume Perdagangan Pasar Crypto Tembus $36 Triliun di Tahun 2023!

Pasar crypto telah mencatatkan pertumbuhan yang fenomenal di tahun 2023, dengan volume perdagangan yang mencapai angka $36,6 triliun. Kenaikan ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk optimisme terhadap ETF Bitcoin dan peningkatan nilai mata uang digital utama.

Laporan dari CoinGecko mengungkapkan detail pertumbuhan industri crypto yang mengesankan, yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Lonjakan Kapitalisasi Pasar Crypto

Pada awal tahun 2023, kapitalisasi pasar crypto berada di angka $832 miliar dan mengalami peningkatan yang signifikan hingga mencapai $1,7 triliun. Pertumbuhan terbesar terjadi di kuartal keempat, di mana terdapat kenaikan sebesar 55% dari $1,1 triliun menjadi lebih dari $1,7 triliun. Kenaikan ini sebagian besar dipicu oleh harapan akan persetujuan ETF Bitcoin yang berbasis spot.

Baca juga: Terungkap! Kekayaan Proyek Crypto di Swiss dan Liechtenstein Melonjak Tajam Hingga $382 Miliar

Bitcoin sendiri mengalami kenaikan yang mengesankan, dari $27.000 menjadi $42.000 di kuartal keempat. Sepanjang tahun, Bitcoin tumbuh sebesar 155%, dengan kenaikan volume perdagangan yang mencapai $18 miliar di kuartal terakhir. Ini menandakan kembali pulihnya kepercayaan investor terhadap crypto setelah masa stagnasi di tahun sebelumnya.

Performa Mata Uang Digital Lainnya

Tidak hanya Bitcoin, mata uang digital lain seperti Ethereum (ETH) dan Solana (SOL) juga mencatatkan kenaikan yang signifikan. Ethereum naik sebesar 90,5%, dengan penutupan tahun di harga $2.294.

Sementara itu, Solana mencatatkan kenaikan yang luar biasa, lebih dari 900%, dan berakhir di harga $103. Meskipun demikian, volume perdagangan NFT mengalami penurunan, dengan total volume di tahun 2023 hanya mencapai $11,8 miliar. Angka ini kurang dari setengah dari total volume perdagangan NFT di tahun 2022, yang berada di angka $26,3 miliar.

Penurunan ini menunjukkan adanya perubahan minat dan dinamika dalam pasar crypto.

Baca juga: Harga BTC Merosot ke Rp640 Juta dan ETH ke Rp38 Juta, Apa yang Terjadi?

Volume Perdagangan yang Melonjak

Volume perdagangan crypto di tahun 2023 mencapai puncaknya di kuartal keempat, dengan total $10,3 triliun. Ini menandai pertumbuhan sebesar 53,1% dari kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh harapan investor terhadap ETF Bitcoin.

Meskipun menghadapi tantangan regulasi dan kejatuhan FTX di tahun sebelumnya, bursa crypto terpusat (CEX) tetap mendominasi volume perdagangan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada ketidakpastian, pasar crypto tetap menunjukkan ketahanan dan daya tarik yang kuat bagi para pelaku pasar.

Secara keseluruhan, pertumbuhan pasar crypto di tahun 2023 menunjukkan bahwa industri ini terus berkembang dengan pesat, meskipun dihadapkan pada tantangan dan ketidakpastian.

Dengan adanya inovasi dan peningkatan kepercayaan investor, masa depan crypto tampaknya akan terus cerah dan penuh dengan peluang baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: