Dari 500 ETF yang Diluncurkan di 2023, Volume Harian ETF Bitcoin Melonjak 3X Lipat!

author:

Dari 500 ETF yang Diluncurkan di 2023, Volume Harian ETF Bitcoin Melonjak 3X Lipat!

Ketika pasar crypto terus berkembang, ETF Bitcoin menunjukkan dominasi yang tak terbantahkan. Dengan volume perdagangan yang melampaui gabungan ETF baru di tahun 2023, fenomena ini menarik perhatian investor global.

Mari kita selami lebih dalam fenomena yang menggemparkan pasar keuangan ini.

Volume Perdagangan Memecahkan Rekor

Pada tanggal 16 Januari 2024, sepuluh ETF Bitcoin spot berhasil mencatatkan volume perdagangan yang mencengangkan, yaitu lebih dari $1,8 miliar. Angka ini tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan total volume perdagangan 500 ETF yang baru diluncurkan di tahun 2023.

Baca juga: BlackRock Borong 11 Ribu BTC di Tengah Pasar Bearish!

volume etf bitcoin melonjak
Sumber: X

Grayscale, BlackRock, dan Fidelity menjadi pemimpin pasar dengan kontribusi $1,6 miliar dari total volume tersebut. ETF Bitcoin ini terus menunjukkan performa yang mengesankan meskipun terjadi penurunan volume perdagangan setelah hari pertama.

Dalam tiga hari pertama, volume perdagangan produk ETF Bitcoin spot ini hampir menyentuh angka $10 miliar. BlackRock’s iShares Bitcoin Trust menjadi sorotan dengan net inflow lebih dari $497 juta dalam tiga hari terakhir.

Grayscale dan BlackRock Bersaing Ketat

Grayscale’s Bitcoin Trust ETF, yang baru saja dikonversi menjadi ETF, mengalami outflow sebesar $579 juta sejak debutnya. Meskipun demikian, dana ini masih mengelola aset sekitar $27 miliar.

BlackRock, di sisi lain, menarik perhatian dengan net inflow yang signifikan, menempatkan mereka dalam posisi untuk mengambil alih dominasi Grayscale sebagai raja likuiditas. Liquidity menjadi faktor kunci yang dipertimbangkan investor dalam memilih ETF Bitcoin spot.

BlackRock’s iShares Bitcoin Trust dan Fidelity’s Wise Origin Bitcoin Fund menjadi pilihan utama karena spread bid-ask yang ketat dan kemampuan untuk melakukan transaksi besar tanpa banyak mempengaruhi harga. Kedua produk ini menunjukkan bahwa investor institusional dan ritel sama-sama tertarik pada produk keuangan yang inovatif ini.

Baca juga: Investor Tinggalkan Grayscale, ARK Invest Beraksi dengan ETF Bitcoin Sendiri!

Outlook Pasar dan Persaingan

Meskipun Grayscale masih memimpin dalam volume perdagangan total, banyak investor mencari peluang untuk mengurangi eksposur mereka. Produk BlackRock terus menarik inflow terbesar, yang menandakan potensi mereka untuk mengambil alih posisi Grayscale.

Sementara itu, produk dari Ark Invest, 21Shares, dan Bitwise juga mencatatkan volume perdagangan yang signifikan pada tanggal 16 Januari. Pasar ETF Bitcoin spot menunjukkan aktivitas perdagangan yang kuat dengan volume kumulatif yang melebihi $9,5 miliar selama tiga hari.

Analis dan pengamat industri memperkirakan bahwa permintaan akan terus meningkat seiring dengan menjadi lebih mainstreamnya produk ini. Ini menandakan era baru dalam investasi crypto yang lebih terintegrasi dengan pasar keuangan tradisional.

Secara keseluruhan, dominasi ETF Bitcoin spot di pasar keuangan menandakan pergeseran penting dalam cara kamu berinvestasi di crypto. Dengan volume perdagangan yang mengesankan dan minat yang terus bertumbuh, ETF ini tidak hanya menarik bagi investor crypto tetapi juga bagi seluruh ekosistem keuangan. Ini adalah awal dari babak baru dalam sejarah crypto dan investasi ETF.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: