Volume ETF Bitcoin AS Spot Pecahkan Rekor dengan Nilai Transaksi Mencapai $7,7 Miliar!

Volume ETF Bitcoin AS Spot Pecahkan Rekor dengan Nilai Transaksi Mencapai $7,7 Miliar!

Volume perdagangan untuk sepuluh ETF Bitcoin (BTC) spot AS yang baru telah mencetak rekor baru, lebih dari dua kali lipat dari rekor tertinggi mereka beberapa hari yang lalu. Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin (BTC) spot Amerika Serikat telah mencetak rekor baru untuk volume perdagangan harian — mengalahkan penghitungan sebelumnya lebih dari satu setengah kali lipat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volume Perdagangan ETF Bitcoin AS Spot Meroket

volume perdagangan etf spot
Sumber: Akun X James Seyffart

Sepuluh ETF tersebut membukukan volume sebesar $7,69 miliar pada tanggal 28 Februari, menurut data yang diposting ke Twitter oleh analis ETF Bloomberg, James Seyffart. Rekor sebelumnya adalah volume $4,66 miliar yang terlihat pada hari peluncuran dana tersebut pada tanggal 11 Januari.

iShares Bitcoin ETF (IBIT) milik BlackRock mengambil 43,5% dari total — membukukan volume perdagangan sebesar $3,35 miliar dan menggandakan rekor harian sebelumnya. Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) — runner-up untuk hari itu — memiliki volume perdagangan sebesar $1,86 miliar.

Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) berada di urutan ketiga dengan $1,44 miliar — menggandakan rekor volumenya. Volume gabungan GBTC dan FBTC terdiri dari sekitar 43% dari total volume.

Baca Juga: BlackRock Sebut Bitcoin Sebagai ‘Kemajuan’ dalam Iklan ETF Bitcoin Spot Terbaru

Permintaan Alami Mendorong Volume Perdagangan yang Tinggi

Hanya butuh setengah hari perdagangan bagi sembilan ETF baru — kecuali Grayscale — untuk melampaui rekor mereka sebelumnya, tulis analis Bloomberg Eric Balchunas dalam posting Twitter pada tanggal 28 Februari. Mereka kemudian menggandakan rekor volume itu dengan volume sekitar $5,8 miliar pada penutupan perdagangan, tulis Balchunas dalam posting selanjutnya.

“Jumlah total perdagangan juga dua kali lipat, lebih dari setengah juta perdagangan individu [di antara] mereka,” tambahnya. Balchunas menambahkan bahwa pembuat pasar mengatakan kepadanya bahwa volume tersebut sebagian besar adalah “permintaan alami” versus volume perdagangan algoritmik atau arbitrase seperti yang dia spekulasi sebelumnya.

Baca Juga: ETF Bitcoin vs Emas: ETF Bitcoin Mengguncang Pasar, Apakah Akan Mengalahkan Emas?

Bitcoin Menguat, GBTC Mengalami Arus Keluar Bersih

Hari volume yang memecahkan rekor terjadi saat Bitcoin menguat lebih dari 10% ke level tertinggi dua tahun di $64.000. Bitcoin telah ditelusuri kembali ke level terendah $60.000 tetapi sedikit pulih untuk diperdagangkan di atas $62.000 pada saat publikasi, menurut Cointelegraph Markets Pro.

Sementara itu, GBTC mengalami arus keluar bersih sebesar $216,4 juta pada tanggal 28 Februari, menurut data awal Farside Investors. Ini adalah hari arus keluar tertinggi dana tersebut sejak $220,7 juta pada tanggal 30 Januari dan rekor sejauh ini untuk bulan Februari.

Kesimpulan

Volume perdagangan ETF Bitcoin AS spot yang memecahkan rekor menandakan minat investor yang kuat terhadap aset kripto. Meskipun ada beberapa volatilitas harga, permintaan Bitcoin tetap tinggi, mendorong pertumbuhan pasar ETF Bitcoin. Dengan semakin banyaknya ETF Bitcoin yang disetujui, investor akan memiliki lebih banyak pilihan untuk mendapatkan eksposur ke aset kripto ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi