Volume DEX Solana Kembali Capai $1 Miliar di Tengah Meningkatnya Pengawasan DeFi

Volume DEX Solana Kembali Capai $1 Miliar di Tengah Meningkatnya Pengawasan DeFi

Jakarta, Pintu News – Pasar mata uang crypto Solana kembali bergairah dengan lonjakan volume perdagangan di bursa crypto terdesentralisasi (DEX) yang melampaui angka $1 miliar. Menurut DEX Screener, volume perdagangan saat ini mencapai $1,23 miliar, menandai peningkatan substansial dari volume rata-rata minggu lalu yang berada di bawah $1 miliar.

Kenaikan Volume DEX Solana Didorong oleh Koin Meme

Kebangkitan volume DEX Solana ini terjadi di tengah meningkatnya pengawasan peraturan di sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi). Baru-baru ini, SEC mengeluarkan pemberitahuan Wells kepada Uniswap, salah satu pemain utama di ruang DeFi.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Banyak yang melihat tindakan SEC ini sebagai sinyal pengawasan peraturan yang lebih luas terhadap industri DeFi, yang berpotensi menambah tantangan dan ketidakpastian yang membayangi platform terdesentralisasi. Di tengah situasi yang kontras ini, segmen pasar koin meme justru menunjukkan lintasan yang unik.

Meme coin seperti SLERF, cat in a dogs world (MEW), dan Dogwifhat (WIF) telah muncul sebagai pendorong utama lonjakan perdagangan DEX Solana. Dalam 24 jam terakhir saja, SLERF mencatat volume perdagangan yang mengesankan sebesar $48,5 juta.

Kinerja Koin Meme di Tengah Pemulihan Pasar Crypto

vitalik buterin kritik memecoin
Sumber: CoinPedia

Rali koin meme bertepatan dengan pemulihan pasar crypto yang lebih luas setelah penurunan singkat yang dipicu oleh ketegangan geopolitik antara Iran dan Israel. Kinerja ini memperkuat narasi seputar koin meme dan potensinya meskipun reputasinya memiliki volatilitas tinggi dan risiko terkait.

Laporan CoinGecko baru-baru ini menyoroti koin meme sebagai narasi crypto paling menguntungkan di Q1 2024. Bahkan salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah mengakui potensi kasus penggunaan positif untuk koin meme. Minat yang terus tumbuh ini semakin memperkuat tren tersebut.

“Rasanya ada peluang yang belum diklaim di sini untuk mencoba menciptakan sesuatu yang lebih positif dan berkelanjutan. Tetapi pada akhirnya, saya pikir bahkan itu akan menciptakan sesuatu yang pada dasarnya terbatas, dan kita dapat melakukan yang lebih baik,” tulis Buterin dalam posting blognya pada 29 Maret 2024.

Penutup

Lonjakan volume DEX Solana yang didorong oleh koin meme menunjukkan dinamika unik di pasar crypto. Di tengah meningkatnya pengawasan peraturan terhadap DeFi, koin meme telah muncul sebagai penggerak utama aktivitas perdagangan di Solana DEX.

Kinerja harga yang kuat dan minat yang berkembang dari tokoh-tokoh industri seperti Vitalik Buterin menambah kredibilitas pada tren koin meme. Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa koin meme juga memiliki risiko tinggi dan investor crypto harus berhati-hati saat berinvestasi di aset ini.

Baca Juga: Bitcoin Anjlok $4.500 Usai Serangan Rudal Iran & Israel

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca
.

Referensi