Vogue Bangun Komunitas Web3 Fashion Metaverse Pertama di Dunia!

Vogue Bangun Komunitas Web3 Fashion Metaverse Pertama di Dunia!

Penasihat teknologi, Technavio, memperkirakan bahwa metaverse akan mencapai nilai pasar sebesar $50,37 miliar pada tahun 2026. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika industri fashion bernilai triliunan dolar sekelas Vogue mulai menaruh minat pada metaverse.

Di saat sebagian besar label dan brand mewah fokus pada pembuatan NFT untuk mereplikasi produk fisik mereka, beberapa label dan brand lainnya telah membawa komunitas mereka ke metaverse.

Vogue Singapore’s New World, Komunitas Web3 Fashion Pertama di Dunia

Vogue metaverse
(Vogue Singapore)

Pada 5 September, Vogue Singapore meluncurkan komunitas Web3 fashion pertama di dunia yang dikenal sebagai “Vogue Singapore’s New World”.

Natasha Damodaran, direktur pelaksana Vogue Singapore mengatakan kepada Cointelegraph bahwa keterlibatan industri fashion di dunia metaverse akan menambah pengalaman virtual dan memungkinkan komunitasnya untuk berinteraksi dengan berbagai jenis konten.

Vogue Singapore’s New World memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dunia yang terinspirasi surealisme. Pengguna juga dapat melakukan sesi pemotretan yang dihasilkan oleh AI yang disebut Bio RESONANCE oleh seniman Terry Gates.

Komunitas ini salah satunya menampilkan beragam item fashion digital karya desainer Yimeng Yu yang berbasis di Beijing yang dibuat khusus untuk Vogue Singapore.

Damodaran menjelaskan bahwa metaverse Vogue didukung oleh Spatial.io, platform metaverse yang berspesialisasi dalam ruang 3D. Ruang virtual ini juga dirancang oleh Polycount.io, sebuah agensi yang berfokus pada NFT.

Gianna Valintina, kepala pemasaran di Spatial, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa metaverse Vogue Singapore dapat diakses melalui perangkat seluler, desktop, dan virtual reality (VR).

Dia menambahkan bahwa pengguna yang memasuki New World dapat membuat avatar khusus yang kemudian dapat didandani dalam dua kreasi wearable eksklusif Vogue oleh perancang busana Yimeng Yu.

Baca Juga: Meta Bantu Beberapa Kampus Terpilih Bangun Kampus di Metaverse

Metaverse Membawa Pengalaman Baru dalam Mengapresiasi Karya Fashion

Vogue metaverse
(Vogue Singapore)

Damodaran lebih lanjut mengatakan bahwa pengguna dapat berinteraksi sambil menikmati berbagai konten yang ada. Vogue Singapore’s New World memungkinkan cara yang lebih menarik bagi pengguna untuk melihat dan membaca konten, Valintina menekankan bahwa inovasi ini juga memungkinkan brand dan komunitas untuk membangun pengalaman yang lebih baik.

Damodaran mencatat bahwa metaverse menawarkan peluang bagi brand untuk memperluas jangkauan mereka ke segmen pasar lain sambil menunjukkan kreativitas dan keahlian.

“Bagi Vogue, bergabung ke dalam metaverse artinya menghubungkan komunitas fashion dan memperkenalkan mereka ke Web3 dan begitu pula sebaliknya sambil tetap menciptakan jalur keterlibatan yang relevan di platform digital,” tutur Damodaran.

Yu, sang perancang busana, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa perkembangan teknologi digital dan kehidupan online di era pasca-epidemi telah membawa peluang baru bagi industri fashion.

“Teknologi digital menciptakan inovasi dalam desain fashion, proses produksi, dan pengalaman pengguna dalam industri fashion. Baik dalam hal kreativitas desainer maupun pengalaman pengguna, metaverse menghadirkan kemungkinan tak terbatas bagi industri fashion,” jelas Yu.

V (BTS) Ikut Serta Dalam Vogue Singapore’s Fashion’s New World

Dilansir dari laman resmi Allkpop, foto anggota BTS Kim Taehyung, alias V, juga akan ditampilkan dalam pameran ‘Fashion’s New World‘ Vogue Singapura. Foto V dapat dilihat dan dikunjungi di metaverse pada Oktober 2022 atau di bulan yang sama V menghiasi majalah Vogue Korea sebagai model sampul mereka.

Referensi:

Alli Sim. Bio Resonance: Meet the AI-generated beauty metahumans of the future. Diakses tanggal: 22-09-22

Natalee. Vogue Singapore launches September issue themed ‘Fashion’s New World’ on Spatial metaverse platform. Diakses tanggal: 22-09-22

Rachel Wolfson. The metaverse is becoming a platform to unite fashion communities. Diakses tanggal: 22-09-22

YeontanNews. Kim Taehyung’s photo to be exhibited in Vogue Singapore’s ‘Fashion’s New World’ metaverse space on Spatial. Diakses tanggal: 22-09-22