Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Dolar AS Kehilangan Dominasi Global, Apakah Bitcoin Akan Mengambil Alih?

Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut Dolar AS Kehilangan Dominasi Global, Apakah Bitcoin Akan Mengambil Alih?

Presiden Rusia, Vladimir Putin, kembali menyoroti pertanyaan mengenai ancaman terhadap status Dolar AS sebagai mata uang cadangan global. Meskipun Dolar AS telah menjadi mata uang cadangan dunia selama bertahun-tahun, dominasinya saat ini terancam dengan kelompok BRICS yang mengusulkan untuk memperkenalkan mata uang bersama. Ada spekulasi bahwa kelompok ini akan menggunakan crypto untuk tujuan tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

BRICS dan Upaya Mengurangi Dominasi Dolar AS

Dilansir dari Coingape, BRICS, kelompok lima ekonomi berkembang yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan, dikabarkan sedang bekerja pada mata uang bersama untuk mengimbangi dominasi Dolar AS.

Putin menyatakan bahwa Dolar AS sedang kehilangan peran globalnya dalam proses yang “objektif dan tak dapat dibalikkan”. Dia juga mengakui keberhasilan kelompok BRICS dalam mengurangi bagian Dolar AS dalam perdagangan antar negara anggota.

Baca Juga: BRICS dan Dolar AS: Fokus pada Otonomi dengan Penguatan Perdagangan Internal!

Bitcoin dan Dominasi Crypto

Dengan adopsi Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) oleh berbagai ekonomi di seluruh dunia, metode pembayaran aset digital terus meningkat di ruang perdagangan internasional.

Oleh karena itu, dengan negara-negara seperti Rusia, India, dan Cina berencana untuk memperkenalkan mata uang baru, peran crypto dan Bitcoin mungkin juga dipertimbangkan, setidaknya untuk penggunaan di masa depan.

Di Amerika Serikat, Bitcoin terus mendapatkan eksposur institusional dengan Blackrock dan Fidelity di antara beberapa perusahaan yang mengeksplorasi opsi untuk menawarkan produk berbasis BTC.

Dengan meningkatnya adopsi mata uang digital dan kekhawatiran mengenai dominasi Dolar AS, dunia mungkin melihat pergeseran besar dalam struktur keuangan global. Apakah Bitcoin dan crypto lainnya akan menjadi bagian penting dari perubahan ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: