Vitalik Buterin Rilis Makalah ‘Privacy Pools’, Sebuah Solusi untuk Privasi dan Kepatuhan Regulasi!

author:

Vitalik Buterin Rilis Makalah ‘Privacy Pools’, Sebuah Solusi untuk Privasi dan Kepatuhan Regulasi!

Dalam upaya untuk menjembatani kesenjangan antara privasi pengguna dan kepatuhan regulasi, pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah berkolaborasi dalam penulisan sebuah makalah penelitian yang memperkenalkan konsep “Privacy Pools”. Bagaimana cara kerja teknologi ini dan apa dampaknya bagi industri crypto?

Privacy Pools: Menjaga Privasi Sambil Mematuhi Regulasi

regulasi crypto yang jelas
Sumber: The World Economic Forum

Vitalik Buterin, bersama dengan Ameen Soleimani (kontributor awal Tornado Cash), Jacob Illum dari Chainalysis, dan dua peneliti dari Universitas Basel, telah menyusun makalah yang membahas bagaimana infrastruktur netral dapat menggabungkan privasi ke dalam transaksi blockchain.

Baca juga: Dari Sentralisasi ke Desentralisasi, Ini Rencana Jangka Panjang Ethereum Menurut Vitalik Buterin!

Makalah berjudul “Privasi Blockchain dan Kepatuhan terhadap Peraturan: Menuju Keseimbangan Praktis” memperkenalkan Privacy Pools. Protokol ini menyembunyikan riwayat transaksi untuk memberikan privasi. Namun, ini berbeda dengan mixer seperti Tornado Cash, yang menghadapi sanksi di AS.

Konsep “Privacy Pools” diperkenalkan oleh Soleimani pada Maret 2023 sebagai pengembangan dari Tornado Cash dengan tujuan untuk memasukkan aspek kepatuhan regulasi.

Mirip dengan Tornado Cash, Privacy Pool mencampur transaksi dari banyak pengguna untuk menyamarkan asal-usul mereka. Namun, saat pengguna memilih untuk menarik dana, mereka memiliki opsi untuk menghasilkan zero-knowledge proofs.

Zero-Knowledge Proofs dan Kepatuhan Regulasi

Pendapat Buterin Mengenai Meta-address dan Zero Knowledge Proofs (ZK)
Towards Data Science

Zero-knowledge proofs ini memastikan bahwa pengguna tidak menggunakan alamat blockchain kriminal sambil melindungi identitas mereka.

Lebih lanjut, makalah ini mencari keseimbangan antara protokol seperti Privacy Pool dan kepatuhan dengan berbagai pertimbangan regulasi dan praktis dengan mengeksplorasi berbagai kasus penggunaan hipotetis.

Ameen Soleimani, salah satu kontributor awal Tornado Cash, menggunakan Twitter untuk mencatat beberapa sorotan utama dari protokol ini.

“Dengan Privacy Pools, pengguna dapat mempublikasikan bukti tanpa pengetahuan bahwa penarikan mereka berasal dari “kumpulan asosiasi” yang mengecualikan setoran gelap yang diketahui.”

Dokumen ini juga menjelaskan kriptografi “nullifier” yang dapat mengaburkan transfer koin. Selain itu, dokumen tersebut menyatakan bahwa Zero-Knowledge Proof (ZK-SNARK) berisi input untuk memvalidasi transaksi dengan mengungkapkan nullifier. Ini berarti pengguna dapat menjaga privasi keuangan mereka sambil membuktikan asal usul dana mereka.

Baca juga: IMF dan FSB Berikan Panduan Regulasi Aset Crypto untuk Era Baru di G20!

Buterin dan koleganya merinci dua strategi utama untuk membangun himpunan asosiasi dalam makalah tersebut. Metode “inklusi” hanya melibatkan simpanan berisiko rendah berdasarkan kriteria seperti alat penyaringan transaksi atau keanggotaan dalam komunitas tepercaya.

Sebagai alternatif, metode “exclusion” melibatkan pengabaian setoran yang diketahui mencurigakan namun tetap memasukkan semua aktivitas lain sebagai sumber potensial. Makalah ini memberikan contoh bagaimana kedua pendekatan tersebut memungkinkan pengguna legal untuk membuktikan bahwa mereka tidak terkait dengan dana ilegal.

Para peneliti berpendapat bahwa kumpulan asosiasi harus bertujuan untuk menjadi akurat, stabil dari waktu ke waktu, dan cukup besar untuk memberikan privasi yang berarti. Namun, memenuhi semua kriteria mungkin memerlukan pengorbanan.

Meskipun mendukung konsep Privacy Pools, Buterin dan rekan penulisnya memperingatkan terhadap pihak-pihak terpusat yang mengawasi akses. Mereka berpendapat hal ini menimbulkan masalah tata kelola dan dapat memungkinkan terjadinya monopoli data.

Makalah ini mengatakan bahwa penelitian tambahan diperlukan untuk menganalisis secara menyeluruh jaminan privasi, insentif, dan persyaratan kepatuhan hukum dari Privacy Pools.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: