Bikin Geger! Vitalik Buterin Kirim Ethereum Senilai $1 Juta ke Bursa Crypto Ini

author:

Bikin Geger! Vitalik Buterin Kirim Ethereum Senilai $1 Juta ke Bursa Crypto Ini

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini menarik perhatian dengan mengirimkan 600 ETH senilai sekitar $1 juta ke bursa crypto Coinbase. Langkah ini telah memicu spekulasi di kalangan komunitas crypto mengenai niat di balik transaksi tersebut, terutama di tengah fluktuasi harga Ethereum yang signifikan.

Detail Transaksi Buterin yang Menggemparkan

Berdasarkan data on-chain, dompet yang dikaitkan dengan Vitalik Buterin mengirimkan 600 ETH ke Coinbase. Meskipun motif di balik transaksi ini masih bersifat spekulatif, biasanya transfer ke bursa diartikan sebagai niat untuk menjual. Mengingat harga Ethereum yang baru-baru ini mengalami kesulitan, transaksi Buterin ini bisa menambah tekanan jual pada aset digital tersebut.

Baca juga: Ethereum Siap Luncurkan Testnet Baru “Holesky”, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

vitalik kirim eth ke coinbase
Sumber: Twitter

Selain itu, melalui sebuah cuitan pada 21 Agustus 2023, Lookonchain melaporkan bahwa dompet “vitalik.eth” telah membayar kembali 251.000 RAI di platform DeFi Maker dan menarik 1.000 ETH (sekitar $1,67 juta) pada 20 Agustus 2023.

Dompet “vitalik.eth” yang dibuat tujuh tahun lalu saat ini berisi 3.993 ETH, senilai $6,5 juta. Dompet tersebut juga memiliki aset digital lain seperti USD Coin (USDC) senilai $84.000 dan Wrapped Ethereum (WETH) senilai $58.000.

Sejarah Transfer Vitalik ke Bursa Crypto

Vitalik Buterin Berikan 3 Tips Berinvestasi Ketika Market Winter
Sumber: Genesis Blockchain

Menurut laporan, ini bukan pertama kalinya Buterin mentransfer aset ke bursa crypto. Pada awal tahun 2023 lalu, pendiri Ethereum tersebut mengirimkan 200 ETH ke Kraken pada bulan Maret. Sekitar periode yang sama, Buterin menjual beberapa altcoin yang tidak dimintanya (disebut “sh*tcoins”) untuk mendapatkan 439,25 ETH.

Lebih lanjut, transaksi ini terjadi setelah kejadian “market flash crash” crypto pada Kamis lalu. Minggu lalu, harga ETH jatuh di bawah $1700 untuk pertama kalinya sejak Juni dan terus diperdagangkan di bawah level tersebut.

Baca juga: Kegilaan ETF Ethereum Bisa Memicu Lonjakan ke Rekor Tertinggi Baru!

Reaksi Pasar terhadap Transaksi Vitalik

Sumber: Glassnode

Meskipun harga Ethereum sedang berjuang, data dari firma analitik blockchain Glassnode menunjukkan bahwa pemegang Ethereum dengan cermat menjaga aset mereka dengan cepat mengirim aset mereka keluar dari bursa crypto. Menurut agregator data, jumlah ETH yang dipegang di bursa adalah 14,88 juta, level yang belum tercatat sejak 2018.

Aliran keluar dari bursa biasanya menunjukkan tanda bullish bahwa aset tersebut disimpan untuk manfaat jangka panjang. Berdasarkan ini, tampaknya pemegang ETH kurang khawatir tentang kinerja harga yang kurang memuaskan baru-baru ini.

Pada akhirnya, langkah Vitalik Buterin dalam mentransfer jumlah Ethereum yang signifikan ke Coinbase telah menimbulkan banyak spekulasi di kalangan komunitas crypto. Dengan dinamika pasar yang terus berubah, hanya waktu yang akan menentukan dampak jangka panjang dari transaksi tersebut pada harga Ethereum dan sentimen pasar secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: