Terobosan Baru Ethereum: Lebih Ringan dan Efisien, Apa Rahasianya?

Terobosan Baru Ethereum: Lebih Ringan dan Efisien, Apa Rahasianya?

Vitalik Buterin, sang pendiri Ethereum, baru-baru ini mengungkapkan rencana revolusioner untuk memangkas beban jaringan Ethereum dan menyederhanakan mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) yang digunakan. Inovasi ini diharapkan dapat membuat Ethereum lebih ringan dan memudahkan prediksi beban kerja jaringan di masa depan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penyederhanaan PoS Ethereum

penyederhanaan pos ethereum
Sumber: Vitalik.eth

Vitalik Buterin telah mengusulkan metode baru yang dapat mengurangi jumlah tanda tangan digital yang dibutuhkan oleh validator dalam jaringan Ethereum. Saat ini, Ethereum didukung oleh sekitar 895.000 validator untuk mencapai desentralisasi dan memungkinkan partisipasi publik dalam staking.

Namun, jumlah tanda tangan yang harus diproses jaringan sangat besar, mencapai sekitar 28.000 per slot, yang menimbulkan beban berat. Buterin menyarankan agar jumlah tanda tangan per slot dikurangi menjadi sekitar 8.192, turun dari 28.000 saat ini.

Hal ini akan membuat implementasi konsensus jauh lebih sederhana dan ringan. Selain itu, pengurangan ini akan mengurangi pengorbanan yang harus dilakukan jaringan, seperti batasan terhadap resistensi kuantum dan kompleksitas dalam forking.

Baca Juga: Tim Pengembang EthereumPOW Bubar, Apa Kabar Masa Depan Crypto?

Alternatif Solusi dari Buterin

alternatif buterin
Perhitungan untuk metode partisipasi bergilir. Sumber: ethresear.ch

Buterin menawarkan tiga pendekatan potensial untuk mengatasi masalah ini.

Pertama, mengandalkan pada kolam staking terdesentralisasi yang akan meningkatkan jumlah minimum ETH yang dibutuhkan untuk menjadi validator.

Kedua, sistem dua tingkat dengan “heavy” dan “light” staking yang akan memperlakukan dua lapisan staker secara berbeda dalam proses finalisasi blok.

Ketiga, partisipasi bergilir dengan komite yang dapat dipertanggungjawabkan. Pendekatan ini akan membagi beban kerja dan mengurangi jumlah total tanda tangan yang dibutuhkan.

Namun, Buterin mencatat bahwa ini akan menambah kompleksitas. Keuntungan utama dari solusi ini adalah memastikan beban tanda tangan di masa depan berada pada level yang dapat dikelola, memudahkan pengembangan protokol dan infrastruktur.

Kesimpulan

Inisiatif Vitalik Buterin ini membuka jalan bagi Ethereum untuk menjadi lebih efisien dan dapat diakses oleh lebih banyak orang. Dengan mengurangi kompleksitas sistem dan beban kerja jaringan, Ethereum berpotensi meningkatkan kinerja dan keamanannya, sekaligus mempertahankan prinsip desentralisasi yang menjadi fondasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: