Vitalik Buterin Usulkan 5 Solusi untuk Mengurangi Ukuran Blok Maksimum Ethereum!

author:

Vitalik Buterin Usulkan 5 Solusi untuk Mengurangi Ukuran Blok Maksimum Ethereum!

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, bersama dengan peneliti Ethereum Foundation, sedang mempertimbangkan setidaknya lima cara untuk mengurangi ukuran blok maksimum Ethereum.

Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan blockchain untuk peta jalan yang berfokus pada rollup, menanggapi peningkatan penggunaan ruang blok yang belum dioptimalkan.

Mengoptimalkan Penggunaan Ruang Blok

Dengan fokus pada rollup dalam jangka menengah dan panjang, Buterin dan peneliti Ethereum Foundation, Toni Wahrstätter, menyoroti bahwa penggunaan ruang blok saat ini belum dioptimalkan.

Mengurangi ukuran maksimum “EL bagian dari blok Beacon akan memberikan ruang untuk lebih banyak gumpalan – Sumber: Penelitian Ethereum

Baca juga: Vitalik Buterin Sebut Friend.Tech Sebagai DeFi yang Buruk, Kok Bisa?

Ukuran blok efektif telah meningkat dua kali lipat selama 12 bulan terakhir, yang mungkin disebabkan oleh semakin banyaknya rollup yang mulai menggunakan Ethereum untuk Data Availability (DA) dan tren seperti Inscriptions.

Lima Solusi Potensial

Buterin dan Wahrstätter membahas lima solusi dengan tingkat kompleksitas yang bervariasi untuk meningkatkan batas gas blok dan mencegah penggunaan calldata, yang pada gilirannya dapat mengurangi ukuran blok maksimum dan variansnya.

“Dengan meningkatkan batas gas blok dan harga untuk byte calldata yang tidak nol, ukuran blok yang lebih kecil dan lebih sedikit variabel dapat dicapai, sehingga memberikan ruang untuk menambahkan lebih banyak gumpalan di masa depan.”

Buterin mengatakan bahwa ada “titik manis” antara harga calldata dan batas gas – Sumber: Penelitian Ethereum

Salah satu solusi sederhana yang diusulkan melibatkan peningkatan biaya calldata dari 16 menjadi 42 gas, yang akan mengurangi ukuran blok maksimum dari 1,78 megabyte menjadi 0,68 megabyte.

Baca juga: Whale Crypto Lepas 33 Ribu Ethereum ke Binance: Kehancuran ETH di Depan Mata?

Dampak pada Aplikasi yang Bergantung pada Calldata

Namun, Buterin berpendapat bahwa ini akan mencegah penggunaan calldata untuk ketersediaan data dan berdampak negatif pada aplikasi seperti StarkNet yang memerlukan calldata besar untuk bukti on-chain.

Sebagai alternatif, solusi kedua dapat melibatkan peningkatan biaya calldata tetapi mengurangi biaya opcode lainnya.

“Solusi yang seimbang dapat berupa meningkatkan biaya calldata sekaligus mengurangi biaya beberapa operasi, atau mungkin beralih ke model yang menawarkan insentif untuk menggunakan calldata di dalam EVM.”

Secara keseluruhan, langkah-langkah yang diusulkan oleh Buterin dan Ethereum Foundation menunjukkan upaya berkelanjutan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan skalabilitas Ethereum.

Dengan mengurangi ukuran blok maksimum dan mengadaptasi biaya jaringan, Ethereum berupaya untuk menjadi lebih efisien dan siap untuk adopsi yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: