Vitalik Buterin Ungkap Rahasia Keamanan Kripto yang Mengejutkan, Simak di Sini!

author:

Vitalik Buterin Ungkap Rahasia Keamanan Kripto yang Mengejutkan, Simak di Sini!

Jakarta, Pintu News – Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini membagikan beberapa tips cerdas untuk mengamankan aset kripto.

Beliau menyoroti metode yang tidak biasa tetapi sangat efektif. Meskipun dompet perangkat keras (hardware wallet) secara luas direkomendasikan karena keamanannya yang kuat, Buterin menunjukkan risiko yang dibawanya, terutama karena kesalahan manusia.

Praktik Keamanan Kripto yang Mengejutkan dari Vitalik Buterin

Kesalahan umum yang sering terjadi termasuk salah menaruh recovery seed, menyembunyikannya dengan sangat baik sehingga akhirnya terlupa, atau situasi tak terduga seperti harus pindah, meninggalkan seed di brankas penyimpanan bank.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Fakta Mengejutkan tentang Ethereum PoW!

Untuk mengatasi risiko ini, Buterin mengadopsi pendekatan canggih yang dikenal sebagai multisignature untuk lebih dari 90% dana pribadinya.

Metode ini bukan hanya tentang diversifikasi langkah-langkah keamanan — tetapi juga tentang desentralisasinya.

Dalam pengaturan multisig, sebuah transaksi memerlukan persetujuan dari beberapa kunci yang disimpan secara terpisah untuk dapat dilanjutkan, yang secara signifikan mengurangi risiko kehilangan atau pencurian.

Multisignature: Pendekatan Keamanan Desentralisasi

Sumber: X

Buterin merekomendasikan skema M-dari-N, di mana “M” mewakili jumlah minimum persetujuan yang diperlukan dari total “N” kunci yang memungkinkan.

Yang terpenting, tidak semua kunci dipegang oleh satu orang, dan identitas pemegang dirahasiakan, bahkan dari satu sama lain. Teknik ini meningkatkan keamanan dengan tidak bergantung pada satu titik kegagalan.

Jika satu kunci dikompromikan, dana tetap aman selama kunci lain yang diperlukan aman. Namun, itu tergantung pada kepercayaan dan keandalan mereka yang memegang kunci lainnya.

Baca juga: Heboh! A16Z Beli Token Optimism (OP) Senilai $90 Juta, Harga OP Melonjak 12%

Kritik terhadap Alternatif Keamanan

Buterin juga mengkritik metode lain yang membagi seed menjadi beberapa bagian. Meskipun kedengarannya aman, Buterin berpendapat bahwa metode ini lebih mudah salah tangani dibandingkan dengan pengaturan multisig.

Kompleksitas dan risiko kesalahan dalam menyusun kembali bagian-bagian seed dapat lebih besar daripada manfaat keamanannya.

Dengan satu atau lain cara, jika kamu ingin merasa aman saat menggunakan aset digital, hindari beberapa bendera merah seperti menyimpan sejumlah besar mata uang kripto di bursa, dalam aplikasi terdesentralisasi, atau layanan penyimpanan kripto kustodian.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Rank