Vitalik Buterin Lakukan Transfer Senilai $14,93 Juta dalam Bentuk USDC! Untuk Apa?

Vitalik Buterin Lakukan Transfer Senilai $14,93 Juta dalam Bentuk USDC! Untuk Apa?

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, baru-baru ini menjadi pusat perhatian setelah diketahui melakukan transfer sebesar $14,93 juta dalam bentuk USD Coin (USDC) ke bursa crypto Gemini. Namun, apakah benar demikian? jika benar untuk apa dana tersebut? Mari kita telusuri lebih lanjut!

Vitalik Buterin Lakukan Transfer Jutaan Dolar?

vitalik buterin lakukan transfer jutaan dolar
Sumber: Akun X Peck Shield Alert

Pada tanggal 16 Oktober, analis blockchain PeckShield dan Lookonchain melaporkan bahwa dompet Vitalik Buterin, yang dikenal sebagai “vitalik.eth”, telah mentransfer sejumlah $14,93 juta ke bursa crypto Gemini.

Namun, juru bicara Ethereum Foundation membantah klaim tersebut, menjelaskan bahwa transfer tersebut hanyalah tanda tangan Buterin pada transfer dari dompet amal multisig untuk mendanai hibah, dan dana tersebut tidak pernah meninggalkan dompet Buterin.

Kanro, sebuah organisasi amal bioteknologi yang didanai oleh Buterin, adalah sumber dari USDC tersebut. Organisasi ini bertujuan untuk menangani COVID-19 dan masalah pandemi lainnya. Jadi, apa yang tampak seperti transfer besar-besaran dari Buterin sebenarnya adalah bagian dari upaya amalnya.

Baca Juga: Bukan Pertama Kali, Vitalik Buterin Lakukan Transfer 1.000 ETH ke Bitstamp! Untuk Apa?

Buterin dan Aktivitas Transfer Crypto-nya

vitalik dan aktivitas transfernya
Sumber: Yahoo Finance

Buterin dikenal sering melakukan transfer crypto dalam jumlah besar. Pada bulan September saja, transfer dari dompet Buterin mencapai lebih dari $3,9 juta. Salah satu transaksi yang menarik perhatian adalah transfer 400 ETH – senilai $600.000 pada saat itu – ke Coinbase pada 24 September. Selain itu, pada 21 Agustus, transaksi 600 ETH ($1 juta) dari alamat vitalik.eth juga teridentifikasi oleh platform pemantauan on-chain.

Meski berita transfer ini menjadi perbincangan hangat, harga mata uang asli Ethereum (ETH), tampaknya tidak terpengaruh. Menurut CoinMarketCap, harga ETH turun sebesar 0,62% dalam 6 jam setelah adanya berita transfer tersebut.

Kesimpulannya, meski tampak seolah-olah Buterin telah melakukan transfer besar-besaran, kenyataannya adalah bahwa dana tersebut berasal dari organisasi amal Kanro dan tidak pernah meninggalkan dompet Buterin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: