Vitalik Buterin Ungkap 3 Elemen Kunci yang Akan Menentukan Sukses Ethereum!

Vitalik Buterin Ungkap 3 Elemen Kunci yang Akan Menentukan Sukses Ethereum!

Vitalik Buterin, pendiri bersama Ethereum, telah menyoroti 3 “transisi” teknis penting yang menurutnya akan menentukan keberhasilan blockchain Ethereum.

Dalam sebuah postingan blog terbaru, Vitalik Buterin menekankan pentingnya skalabilitas layer-2, keamanan dompet, dan fitur-fitur yang menjaga privasi dalam mendorong pertumbuhan dan adopsi Ethereum.

Vitalik Buterin Soroti Skalabilitas sebagai Elemen Kunci

Buterin berpendapat bahwa tanpa infrastruktur skalabilitas yang kuat untuk mengurangi biaya transaksi, Ethereum menghadapi tantangan kritis.

Dia menyoroti masalah biaya transaksi yang tinggi, menyatakan bahwa Ethereum gagal ketika biaya transaksi mencapai $3.75 per transaksi (atau bahkan lebih tinggi selama kondisi pasar bullish).

Untuk menghindari masalah semacam itu, dia menekankan perlunya solusi skalabel yang memungkinkan transaksi terjangkau, memungkinkan produk berbasis Ethereum melayani pasar massal tanpa harus beralih ke solusi terpusat.

Baca Juga: DO Kuliah Berujung Jadi Penemu Ethereum dengan Kekayaan Miliaran, Ini Kisah Vitalik Buterin!

Titik kedua yang menjadi perhatian Buterin berputar di sekitar dompet smart contract. Sambil mengakui keuntungan mereka, dia menunjukkan kompleksitas yang muncul ketika pengguna mengelola beberapa alamat secara bersamaan.

Aspek pengalaman pengguna menjadi tantangan ketika berhadapan dengan berbagai alamat sekaligus. Mengatasi masalah ini akan sangat penting untuk meningkatkan kegunaan dan kenyamanan.

CEO Ingin Meningkatkan Adopsi dan Pengalaman Pengguna

Kisah Vitalik Buterin
Sumber: MarketWatch

Transisi ketiga yang disoroti oleh Buterin berkaitan dengan privasi. Dia menekankan pentingnya peningkatan identitas, reputasi, dan sistem pemulihan sosial untuk memberikan pengguna fitur-fitur privasi yang lebih baik.

Visibilitas publik dari semua transaksi dan aset di Ethereum menimbulkan kekhawatiran privasi, mendorong beberapa pengguna untuk mencari alternatif terpusat yang menawarkan perlindungan data yang lebih besar.

Buterin mengusulkan implementasi alamat stealth sebagai solusi potensial untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Peduli Kemanusiaan, Vitalik Buterin Donasikan Rp232 Miliar USDC untuk Penelitian COVID-19

Vitalik Buterin mengakui bahwa mencapai tiga transisi ini akan menjadi tugas yang menantang karena perlu koordinasi intens di antara mereka.

Dia mengakui bahwa setiap transisi memperkenalkan kompleksitas dan berpotensi melemahkan model “satu pengguna — satu alamat” tradisional, yang mungkin berdampak pada eksekusi transaksi dan berbagi informasi.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: