Vitalik Buterin Siapkan Ethereum dari Serangan Kuantum, Apa yang Dilakukan?

Vitalik Buterin Siapkan Ethereum dari Serangan Kuantum, Apa yang Dilakukan?

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini mengungkap rencana terperinci untuk melindungi blockchain dari ancaman kuantum. Menyadari potensi komputer kuantum untuk menembus pertahanan kriptografi tradisional, Buterin mengusulkan perpaduan kriptografi tahan kuantum dan kesiapan strategis. Rencana ini bertujuan untuk melindungi Ethereum dan aset penggunanya dari kerentanan kuantum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Strategi Pertahanan Vitalik Buterin Melawan Serangan Kuantum

strategi pertahanan vitalik
Visualisasi Rencana Vitalik Buterin. Sumber: Ethresearch

Inti dari strategi pertahanan Ethereum adalah mengadopsi metode kriptografi tahan kuantum, seperti tanda tangan Winternitz dan teknologi zero-knowledge proof – STARK. Buterin berencana untuk mengintegrasikan teknologi ini melalui abstraksi akun.

Pendekatan ini memungkinkan pengguna untuk bermigrasi ke skema aman kuantum dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan transisi yang mulus. Namun, Buterin juga memperingatkan risiko lompatan kuantum yang tiba-tiba.

Untuk mengatasi hal ini, ia menyarankan “cabang pemulihan sederhana” untuk melindungi dana pengguna jika terjadi kemajuan kuantum yang tidak terduga. Kerentanan Ethereum terhadap komputasi kuantum muncul dari ketergantungannya pada perkalian kurva elips untuk menghasilkan alamat. Proses ini berpotensi reversibel oleh komputer kuantum.

Baca Juga: Upgrade Dencun Ethereum Semakin Dekat, Inilah Alasan Mengapa Hal ini Penting!

Ancaman bagi Blockchain Bitcoin?

market kuantum
Pendapatan Pasar Teknologi Kuantum. Sumber: Statista

Di tengah perdebatan komunitas kriptografi, klaim oleh para peneliti Tiongkok tentang peretasan enkripsi RSA dengan teknologi kuantum telah menimbulkan kekhawatiran. Namun, algoritma SHA256, yang penting untuk keamanan Bitcoin, tetap aman terhadap ancaman kuantum.

Perbedaan antara enkripsi dan fungsi hashing ini menjelaskan medan perang kriptografi kuantum yang bernuansa, di mana kemajuan dalam komputasi kuantum tidak serta-merta berarti kerentanan langsung dalam teknologi blockchain. Meskipun demikian, perlombaan menuju komputasi kuantum semakin cepat, yang ditandai dengan peta jalan IBM menuju komputer kuantum yang lebih kuat dan munculnya pemain kunci lainnya.

Sementara dampak langsung pada enkripsi blockchain masih spekulatif, ekosistem kuantum yang berkembang membutuhkan pertahanan kriptografi yang preemptive dan kuat. Implikasi yang lebih luas dari komputasi kuantum melampaui keamanan blockchain, secara signifikan memengaruhi arena kecerdasan buatan dan chatbot AI.

Munculnya komputasi kuantum menjanjikan untuk merevolusi AI dengan menawarkan kekuatan komputasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang berpotensi melampaui kemampuan sistem AI saat ini, termasuk chatbot AI canggih seperti ChatGPT.

Kesimpulan

Upaya Vitalik Buterin untuk melindungi Ethereum dari serangan kuantum mencerminkan sikap proaktif komunitas pengembangan Ethereum dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh komputasi kuantum.

Hard fork yang disarankan dan peningkatan infrastruktur adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk melindungi blockchain Ethereum dari ancaman teknologi yang muncul. Inisiatif ini mencerminkan komitmen komunitas untuk menjaga keamanan dan keandalan platform dalam menghadapi potensi kemajuan komputasi kuantum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi