Vitalik Buterin Sarankan Solusi Skala ZK Roll-ups untuk Bitcoin, Ini Alasannya!

author:

Vitalik Buterin Sarankan Solusi Skala ZK Roll-ups untuk Bitcoin, Ini Alasannya!

Vitalik Buterin, pendiri Ethereum, baru-baru ini menyarankan bahwa Bitcoin perlu mengadopsi solusi penskalaan seperti ZK Roll-ups jika ingin menjadi lebih dari sekadar pembayaran. Buterin mengungkapkan pandangannya dalam acara Twitter Spaces pekan ini, menunjukkan beberapa eksperimen yang telah dicoba Ethereum selama beberapa tahun terakhir.

Bitcoin Perlu Lebih dari Pembayaran Menurut Buterin

Berdasarkan pendapat Buterin, jika Bitcoin ingin menjadi lebih dari sekadar pembayaran, maka perlu lebih banyak solusi penskalaan. Namun, dia menambahkan bahwa masalah utama dengan Bitcoin adalah politik yang mengelilinginya. “Bitcoin memiliki politik yang sangat aneh,” katanya, menambahkan bahwa dia “tidak sejalan dengan mereka.”

Lebih dari 32.000 orang sintonis untuk mendengarkan pembicaraan Buterin dengan “pembunuh altcoin” Eric Wall dan pengembang Bitcoin Udi Wertheimer tentang apa yang bisa dipelajari Bitcoiners dari Ethereum. Mereka membahas salah satu titik nyeri utama dari cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar: throughput transaksi Bitcoin yang lambat, dan karenanya kebutuhan untuk pendekatan penskalaan layer dua untuk meningkatkan kecepatan orang dapat mengirim dan menerima aset digital.

Baca juga: Komunitas Ethereum Usulkan ‘Circuit Breaker’ untuk Lindungi DeFi dari Serangan Hacker!

Sebagian besar diskusi berputar di sekitar penskalaan, yang menurut Buterin, Wall, dan Wertheimer adalah tempat di mana Bitcoiners bisa belajar paling banyak dari rantai saingan yang diasumsikan.

“Saya pikir jika kita ingin Bitcoin menjadi lebih dari sekadar pembayaran, itu akan membutuhkan opsi penskalaan seperti Plasma atau ZK Rollups,” kata Buterin, keduanya telah dicoba di Ethereum.

Buterin Sarankan ZK Roll-ups untuk Bitcoin

Lebih lanjut, Buterin menunjukkan Optimism dan Arbitrum sebagai dua contoh sukses dari “rollups” yang bisa berfungsi sebagai studi kasus untuk Bitcoin. Dia menambahkan bahwa akan “baik untuk memiliki pikiran terbuka” sehubungan dengan solusi berbasis ZK-snark, menunjukkan preferensi yang jelas.

Ethereum telah bereksperimen dengan berbagai solusi penskalaan selama bertahun-tahun, dan sedang dalam proses pembaruan terbaru, EIP-4844, yang memperkenalkan blob blocks – memungkinkan hingga 100.000 transaksi per detik.

Wall mendorong gagasan bahwa Bitcoin harus mempelajari percobaan ini, khawatir bahwa ekosistem akan ditinggalkan dengan rollups yang kurang aman. Buterin merespons bahwa proposal tersebut kemungkinan akan menarik “kontroversi dengan elang keamanan.”

Buterin Lihat Tanda-tanda Harapan dalam Ordinals

vitaik buterin puji bitcoin ordinals
Coin Republic

Tidak berhenti sampai di situ, Buterin berpikir bahwa Ordinals telah membawa “kembali ke budaya pembangun” yang menurutnya “sangat baik”. Dia menambahkan bahwa dia “pasti melihat tanda-tanda harapan sekarang bahwa kita memiliki Ordinals,” menyebut mereka sebagai “penolakan nyata terhadap maksimalisme mata laser.” Baca selanjutnya di Vitalik Buterin Puji Bitcoin Ordinals: Inovasi yang Menghidupkan Kembali Ekosistem Bitcoin!

Buterin juga mencoba menemukan sepuluh hal yang dibagi oleh kedua ekosistem. Dia menunjuk klaim ketidakberubahannya oleh kedua rantai, bersama dengan fakta bahwa keduanya memiliki masalah dengan privasi layer-1. Buterin juga menyebutkan bahwa baik Ethereum dan Bitcoin telah menunjukkan betapa sulitnya melakukan hal-hal dalam model konsensus terdesentralisasi.

Buterin mengakhiri pembicaraan dengan catatan yang cukup optimis, mencoba mungkin untuk menyatukan kedua komunitas.

“Saya pikir dunia di mana ada setidaknya satu dari rantai ini lebih baik daripada yang tidak ada,” katanya.

Secara keseluruhan, saran Buterin untuk Bitcoin menunjukkan bahwa ada ruang untuk inovasi dan peningkatan dalam ekosistem Bitcoin. Dengan adopsi solusi penskalaan seperti ZK Roll-ups, Bitcoin dapat meningkatkan kecepatan transaksi dan menjadi lebih dari sekadar pembayaran.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: