Vitalik Buterin Luncurkan ‘Rainbow Staking’: Revolusi Baru di Ethereum!

Vitalik Buterin Luncurkan ‘Rainbow Staking’: Revolusi Baru di Ethereum!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto dibuat heboh dengan pengumuman terbaru dari Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, tentang konsep staking baru yang disebut “Rainbow Staking”. Inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi masalah sentralisasi dalam staking di jaringan Ethereum, menjanjikan pendekatan yang lebih inklusif dan desentralisasi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pengenalan Rainbow Staking oleh Vitalik Buterin

cara kerja rainbow staking
Cara Kerja Rainbow Staking. Sumber: Penelitian Etereum

Vitalik Buterin mengungkapkan Rainbow Staking sebagai kerangka kerja baru yang memungkinkan staking solo dan profesional dengan akses ke tingkatan staking yang berbeda sesuai kebutuhan mereka. Rainbow Staking membedakan antara “heavy staking” yang dapat dihukum dan “light staking” yang tidak atau hanya sebagian dapat dihukum, memisahkan peran yang dimainkan oleh setiap penyedia layanan.

Konsep ini dirancang untuk memungkinkan kelas penyedia layanan yang berbeda menjadi maksimal efektif dalam setiap kategori layanan, alih-alih menggabungkan semua di bawah satu payung ekspektasi, meminta segalanya dari semua orang. Rainbow Staking juga membedakan antara “pengalokasi modal” dan “operator layanan”, memisahkan peran dalam menempatkan taruhan ekonomi untuk mengamankan jaringan dari mereka yang melakukan validasi blok.

Baca Juga: Market Hijau di Weekend, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (22/3/24)?

Mengatasi Sentralisasi Staking di Ethereum

Buterin menyoroti bahwa staking pada umumnya dan “token staked likuid” saat ini menjadi risiko sentralisasi di blockchain Ethereum. Dia menekankan bahwa tidak cukup banyak staker solo di Ethereum saat ini, mengutip tantangan teknis seperti menjalankan node Anda sendiri dan kendala finansial seperti tidak memiliki lebih dari 32 ETH.

Salah satu solusi staked likuid paling populer saat ini adalah Lido, yang saat ini memiliki dominasi 61,36% di pasar. Rainbow Staking diharapkan dapat mengatasi masalah sentralisasi ini dengan memungkinkan partisipasi yang lebih kompetitif dengan meningkatkan nilai ekonomi menjadi staker solo.

Baca Juga: Prediksi Bullish Bernstein: Harga Bitcoin (BTC) Berpotensi ke $90.000!

Dampak Potensial Rainbow Staking pada Jaringan Ethereum

Kerangka kerja Rainbow Staking pada akhirnya berharap dapat melawan munculnya satu token staked likuid dominan yang dapat menggantikan ETH sebagai mata uang utama di jaringan Ethereum. Ini juga dirancang untuk menawarkan partisipasi yang kompetitif dengan meningkatkan nilai ekonomi menjadi staker solo.

Buterin mencatat bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian dan pengembangan sebelum Rainbow Staking menjadi desain yang layak untuk staking di Ethereum dalam jangka panjang. “Bagi saya, pertanyaan terbesar di sini bahkan bukan teknis; mereka filosofis,” kata Buterin, mencatat bahwa penting untuk memahami jawaban yang dimaksud di balik cara untuk memungkinkan “pemegang ETH yang malas” yang ingin hadiah untuk berpartisipasi dalam mengamankan jaringan Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: