Vitalik Buterin Puji Bitcoin Ordinals: Inovasi yang Menghidupkan Kembali Ekosistem Bitcoin!

author:

Vitalik Buterin Puji Bitcoin Ordinals: Inovasi yang Menghidupkan Kembali Ekosistem Bitcoin!

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini memberikan pujian kepada Bitcoin Ordinals, sebuah inovasi yang telah membawa kembali ‘budaya pembangun’ ke dalam jaringan Bitcoin. Dalam sebuah diskusi di Twitter Space pada 7 Juli 2023, Buterin berbicara tentang bagaimana Bitcoin Ordinals telah mengubah dinamika di dalam ekosistem Bitcoin dan membantu mendorong inovasi lebih lanjut.

Bitcoin Ordinals: Menghidupkan Kembali ‘Budaya Pembangun’

bitcoin ordinals
Coindesk

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini memberikan pujian kepada Bitcoin Ordinals, sebuah inovasi yang telah membawa kembali ‘budaya pembangun’ ke dalam jaringan Bitcoin. Buterin berpendapat bahwa sejak diperkenalkannya Bitcoin Ordinals, telah terjadi kebangkitan budaya pembangun yang bertanggung jawab atas perkembangan dan inovasi yang menarik di jaringan.

Lebih lanjut, menurut Buterin, Bitcoin Ordinals telah memulai kembali “budaya benar-benar melakukan sesuatu,” yang menurutnya merasa seperti “penolakan nyata terhadap gerakan mata laser.” Ini menunjukkan bahwa ada perubahan signifikan dalam cara komunitas Bitcoin beroperasi dan berinovasi.

Baca juga: Baru! Vitalik Buterin Beberkan Strategi Staking Ethereumnya

Buterin juga memuji standar token baru BRC-20, yang dia lihat sebagai penolakan terhadap politik yang stagnan di ekosistem Bitcoin. BRC-20 adalah standar token yang memungkinkan pembuatan token baru di jaringan Bitcoin, mirip dengan standar ERC-20 di Ethereum.

Menurut Buterin, peningkatan popularitas standar token ini menunjukkan bahwa ada perubahan dalam cara komunitas Bitcoin berpikir tentang inovasi dan pengembangan. Ini menunjukkan bahwa ada keinginan untuk bergerak menjauh dari politik yang stagnan dan menuju ke arah yang lebih inovatif dan progresif.

Pujian Buterin terhadap Bitcoin Ordinals dan standar token BRC-20 menunjukkan bahwa ada pengakuan yang semakin meningkat terhadap pentingnya inovasi dan pengembangan dalam ekosistem Bitcoin.

Peningkatan Popularitas Bitcoin Ordinals

Statistik terbaru menunjukkan bahwa volume perdagangan Bitcoin Ordinals naik sebesar 2,834% dari Kuartal 1 ke Kuartal 2 tahun 2023, mencapai angka yang mengejutkan sebesar $210,7 juta. Lonjakan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat yang signifikan dalam Bitcoin Ordinals dari pedagang dan investor.

Faktanya, semua perdagangan sepanjang waktu mencakup 554,215 di antara 150,969 pedagang unik, menunjukkan peningkatan minat pengguna yang ingin menjelajahi jenis aset digital baru. Ini adalah indikator yang kuat bahwa Bitcoin Ordinals telah diterima dengan baik oleh komunitas dan telah berhasil menarik minat yang signifikan.

Selain itu, Bitcoin memiliki lebih dari 15 juta inskripsi Ordinals pada saat penulisan. Inskripsi ini adalah bukti dari aktivitas yang berlangsung di jaringan dan menunjukkan bahwa ada banyak pengguna yang aktif dan berpartisipasi dalam ekosistem Bitcoin Ordinals.

Jumlah inskripsi ini juga menunjukkan bahwa ada banyak transaksi yang terjadi, yang menunjukkan bahwa ekosistem ini sangat aktif dan dinamis. Ini adalah indikator lain dari popularitas dan penerimaan Bitcoin Ordinals.

Baca juga: BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription hingga 90%!

Dampak Bitcoin Ordinals pada Ekosistem Bitcoin

Pengenalan Bitcoin Ordinals telah membawa perubahan signifikan dalam ekosistem Bitcoin. Sebelumnya, Ethereum mendominasi adegan NFT, namun dengan adanya Ordinals, banyak pembuat NFT yang beralih dari Ethereum ke Bitcoin. Influx ini dari pengembang baru memicu biaya transaksi di jaringan untuk melonjak. Meskipun ini menimbulkan tantangan dalam hal biaya, ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatan minat dan aktivitas dalam ekosistem Bitcoin, yang pada akhirnya dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan lebih lanjut.

Selain itu, dengan adanya Bitcoin Ordinals, Bitcoin tidak hanya menjadi alat transaksi, tetapi juga menjadi platform untuk ekspresi kreatif dan inovasi. Ini menunjukkan bahwa meskipun Bitcoin adalah mata uang crypto pertama dan tertua, masih ada ruang untuk pertumbuhan dan evolusi.

Dengan kata lain, Bitcoin Ordinals telah membantu untuk memperluas penggunaan dan aplikasi Bitcoin, membuka peluang baru untuk pengembang dan pengguna, dan pada akhirnya, membantu untuk mendorong adopsi crypto yang lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: