Vitalik Buterin: Meningkatkan Batas Gas Ethereum, Apa Dampaknya Bagi Kamu?

Vitalik Buterin: Meningkatkan Batas Gas Ethereum, Apa Dampaknya Bagi Kamu?

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini mengusulkan peningkatan signifikan pada batas gas Ethereum sebesar 33%. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan mengurangi biaya bagi pengguna.

Namun, proposal ini juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengembang tentang dampaknya terhadap ukuran dan kecepatan blockchain.

Peningkatan Kapasitas Jaringan: Harapan dan Tantangan

Buterin berpendapat bahwa peningkatan batas gas adalah langkah yang masuk akal untuk meningkatkan throughput jaringan. Dengan batas gas yang lebih tinggi, Ethereum dapat memproses lebih banyak transaksi per blok, meningkatkan kapasitas jaringan secara keseluruhan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, batas gas Ethereum telah beberapa kali disesuaikan untuk mengakomodasi penggunaan yang meningkat. Namun, proposal ini juga menimbulkan kekhawatiran.

Baca Juga: Rayakan Tahun ke-10 Ethereum, Foto Ikonik Vitalik Buterin Dilelang sebagai NFT!

Peningkatan batas gas dapat memperbesar ukuran state blockchain, yang berarti membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan dan memperlambat akses serta modifikasi data pada blockchain. Ini menjadi tantangan signifikan dalam skala dan efisiensi jaringan.

Keseimbangan Antara Kapasitas dan Keamanan

Keseimbangan Antara Kapasitas dan Keamanan
Etherscan

Peningkatan batas gas memang dapat meningkatkan kapasitas transaksi, tetapi juga berpotensi mempercepat pertumbuhan ukuran state. Hal ini dapat menyebabkan waktu sinkronisasi yang lebih lambat dan meningkatkan risiko serangan jaringan serta spam. Ini mencerminkan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan skala jaringan blockchain sambil memastikan keamanan dan efisiensinya.

Péter Szilágyi, pemimpin tim Ethereum, menekankan pentingnya mempertimbangkan trade-off yang terkait dengan batas gas yang lebih tinggi. Ia menyoroti pentingnya memiliki solusi yang jelas dan efektif untuk mengelola pertumbuhan state.

Solusi Skalabilitas di Tengah Debat Batas Gas

Untuk mengatasi tantangan jangka panjang ini, pengembang Ethereum sedang mengerjakan berbagai solusi. Salah satunya adalah Ethereum Improvement Proposals (EIPs) seperti EIP-4444, yang mengusulkan mekanisme untuk menghapus riwayat rantai yang sudah usang, dan EIP-4844, yang berfokus pada peningkatan ketersediaan data rollup.

Peningkatan batas gas dilihat sebagai cara potensial untuk meningkatkan throughput dan kapasitas Ethereum. Namun, pendekatan ini datang dengan tantangan tersendiri, termasuk tekanan yang meningkat pada perangkat keras jaringan dan potensi kerentanan keamanan.

Kesimpulan

Proposal Vitalik Buterin untuk meningkatkan batas gas Ethereum merupakan langkah yang berani dan kontroversial. Meskipun dapat meningkatkan kapasitas jaringan, ia juga membawa tantangan signifikan dalam hal skalabilitas dan keamanan.

Komunitas Ethereum sekarang dihadapkan pada tugas berat untuk menemukan keseimbangan antara peningkatan kapasitas dan pemeliharaan jaringan yang efisien dan aman.

Baca Juga: DO Kuliah Berujung Jadi Penemu Ethereum dengan Kekayaan Miliaran, Ini Kisah Vitalik Buterin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: