Vitalik Buterin Pindahkan 3.000 ETH Senilai $5 Juta, Apa Arti Transaksi Ini?

Vitalik Buterin Pindahkan 3.000 ETH Senilai $5 Juta, Apa Arti Transaksi Ini?

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini memindahkan 3.000 ETH, senilai sekitar $5 juta yang setara dengan Rp76,2 miliar (kurs $1 = Rp15.200), ke alamat yang diberi label “Vb2”.

Transaksi ini meningkatkan total nilai ETH di dompet tersebut menjadi sekitar $5 juta. Meskipun alasan di balik transaksi ini masih belum diketahui, komunitas crypto telah mulai berspekulasi tentang potensi dampaknya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Detail Transaksi: Apa yang Kita Ketahui?

detail transaksi vitalik buterin
Sumber: Akun Twitter Peck Shield Alert

Dilansir dari Watcher Guru, transaksi ini terjadi pada tanggal 28 Agustus 2023 dan dikirim ke alamat yang diberi label Vb2. Menurut data dari Etherscan, setelah transaksi ini, total nilai ETH di dompet tersebut menjadi sekitar 3.018 ETH.

Ini bukan kali pertama Buterin melakukan transaksi besar; ia baru-baru ini juga memindahkan 600 ETH, senilai sekitar $1 juta, ke platform exchange AS, Coinbase. Namun, alasan di balik kedua transaksi ini masih belum jelas.

Baca Juga: Gak Mau Kalah, Ark Invest dan 21Shares Ajukan Dua Aplikasi ETF Ethereum di AS!

Spekulasi Komunitas: Apakah Ada yang Harus Dikhawatirkan?

Transaksi ini telah memicu berbagai spekulasi di komunitas kripto. Beberapa anggota komunitas percaya bahwa Buterin mungkin memindahkan dana dari satu dompet ke dompet lainnya untuk mengamankan asetnya dan melindunginya dari potensi peretasan

Namun, ada juga yang berspekulasi bahwa ini bisa menjadi awal dari “musim pen dumpingan,” meskipun tidak ada bukti konkret yang mendukung klaim ini.

Baca Juga: Ponsel Ethereum Sudah Tersedia untuk Pre-order! Apa Keistimewaannya?

Dampak pada Harga Ethereum

Menariknya, harga Ethereum tetap stabil setelah transaksi ini, dengan fluktuasi kurang dari 1% dalam 24 jam terakhir. Volume perdagangan selama periode ini tetap di atas $3,6 miliar. Meskipun demikian, tekanan jual di pasar Ethereum tampaknya meningkat, dengan aliran neto pertukaran Ethereum menunjukkan nilai positif sebesar 7.372 ETH.

Meskipun alasan di balik transaksi ini masih belum jelas, dampaknya pada pasar Ethereum tampaknya minimal, setidaknya untuk saat ini. Namun, dengan meningkatnya tekanan jual di pasar, komunitas crypto akan terus memantau setiap gerakan dari Vitalik Buterin dan pemain besar lainnya di ruang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: