Peringatan Vitalik Buterin: Jaringan Skalabilitas Ethereum Layer-2 Punya ‘Pintu Belakang’!

Peringatan Vitalik Buterin: Jaringan Skalabilitas Ethereum Layer-2 Punya ‘Pintu Belakang’!

Dengan meningkatnya popularitas Ethereum, solusi skalabilitas Layer-2 (L2) menjadi semakin penting.

Namun, komentar terbaru dari Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah memicu debat tentang sejauh mana desentralisasi jaringan-jaringan ini.

‘Pintu Belakang’ di Ethereum Layer-2

Vitalik Buterin menyatakan bahwa hampir semua solusi skalabilitas Ethereum memiliki semacam ‘pintu belakang’ yang memungkinkan pengembang mengintervensi atau mengubah protokol.

‘Pintu belakang’ ini seringkali adalah akun multi-sign yang dikendalikan oleh pengembang atau pendiri.

Baca Juga: Ethereum Shanghai Upgrade Maret 2023: Ethereum to the Moon?

Ini menimbulkan pertanyaan tentang sejauh mana desentralisasi dan keamanan jaringan-jaringan ini.

Chris Blec, pendukung desentralisasi DeFi, menegaskan bahwa solusi L2 yang dikelola oleh perusahaan besar akan menghadapi regulasi crypto dan mungkin tidak akan pernah benar-benar terdesentralisasi.

Solusi Layer-2 dan Regulasi Crypto

Solusi Layer-2 dan Regulasi Crypto
IntoTheBlock

Dengan adanya ‘pintu belakang’ ini, saat Amerika Serikat mengatur ruang kripto, perusahaan di balik solusi L2 yang dapat mengakses ‘pintu belakang’ ini mungkin harus mempertanggungjawabkan kepada regulator federal.

Sebagai contoh, solusi L2 seperti Base, yang baru saja diluncurkan, sepenuhnya terpusat karena dikendalikan oleh Coinbase. Meskipun beberapa solusi lain mengklaim lebih terdesentralisasi, klaim tersebut mungkin kurang berdasar dengan dukungan korporat atau VC.

Eksplorasi Ekosistem Layer-2

Meskipun pasar kripto mengalami pelemahan, ekosistem L2 telah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga: Siap-siap! Ethereum Devcon VII 2024 akan Digelar di Asia Tenggara, Indonesia Jadi Kandidat?

Total nilai yang terkunci meningkat 158% mencapai rekor tertinggi sebesar $10,6 miliar. Arbitrum One memimpin pasar dengan pangsa 56% dan TVL (Total Value Locked) sebesar $5,9 miliar. Sementara itu, Optimism memiliki TVL sebesar $2,8 miliar dengan pangsa pasar 26%.

Paragraf Penutup

Komentar dari Vitalik Buterin menyoroti tantangan yang dihadapi oleh solusi skalabilitas Ethereum Layer-2.

Meskipun solusi ini menawarkan peningkatan kinerja, pertanyaan tentang desentralisasi dan regulasi tetap menjadi perhatian utama bagi komunitas crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: