Vitalik Buterin Usulkan Peningkatan Batas Gas Ethereum Sebesar 33%, Apa Dampaknya?

author:

Vitalik Buterin Usulkan Peningkatan Batas Gas Ethereum Sebesar 33%, Apa Dampaknya?

Bersiaplah untuk evolusi yang mungkin terjadi di ranah crypto! Vitalik Buterin, yang merupakan salah satu pendiri Ethereum, telah mengajukan sebuah ide yang cukup mengejutkan bagi banyak orang.

Dalam sebuah diskusi di Reddit, Buterin mengemukakan gagasan untuk menaikkan limit gas Ethereum sebesar 33%, yang dapat berpotensi memperluas kapasitas keseluruhan jaringan.

Bagaimana pengaruhnya terhadap pengalamanmu dalam melakukan transaksi crypto? Ayo kita bahas lebih lanjut.

Proposal untuk Menaikkan Limit Gas

Vitalik Buterin, yang merupakan tokoh kunci dalam pengembangan Ethereum, telah mengajukan ide untuk menaikkan limit gas dari 30 juta menjadi 40 juta. Ini adalah usulan pertama setelah hampir tiga tahun tanpa perubahan, yang merupakan periode stagnasi terlama dalam sejarah Ethereum.

Baca juga: Ethereum 2024: Roadmap Masa Depan yang Mengubah Dunia Crypto!

Buterin yakin bahwa kenaikan yang dia sebut “modest” ini akan mempercepat proses transaksi, dengan memungkinkan jumlah transaksi yang lebih banyak di setiap blok. Kenaikan ini tidak hanya berpotensi meningkatkan kapasitas jaringan, tetapi juga bisa berdampak pada biaya gas rata-rata.

gas ethereum
Batas gas rata-rata Ethereum dari waktu ke waktu – Sumber: Etherscan

Saat ini, biaya gas rata-rata berada di kisaran 35 gwei, atau sekitar $1,89. Namun, angka ini telah mengalami peningkatan sejak awal tahun 2024 dan diperkirakan akan terus naik, terutama untuk transaksi yang melibatkan kontrak pintar yang lebih kompleks.

Respon Komunitas dan Dampak Teknis

Komunitas Ethereum memberikan berbagai tanggapan terhadap saran dari Buterin. Martin Köppelmann, yang mendirikan Gnosis, mengakui bahwa kenaikan limit gas akan menuntut lebih banyak dari segi operasional node, yang mungkin membutuhkan investasi lebih.

Baca juga: Vitalik Buterin Bagikan Roadmap Ethereum 2024, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Diketahui!

Namun, dia juga menyoroti bahwa keuntungan dari limit gas yang lebih tinggi, seperti peningkatan efisiensi dan kapasitas jaringan, bisa mengimbangi tantangan yang ada.

Jesse Pollak, yang memimpin protokol di Coinbase, juga sangat mendukung inisiatif ini.

“Saya sangat mendukung kenaikan limit gas Ethereum menjadi 40-45 juta — kita memiliki kapasitas jaringan yang memadai dan ini akan menguntungkan semua orang,” katanya.

Berbeda dengan perubahan lain pada Ethereum yang membutuhkan hard fork, penyesuaian limit gas blok Ethereum bisa dilakukan dengan mengubah konfigurasi pada node oleh validator.

Pada akhirnya, proposal peningkatan limit gas yang diajukan oleh Vitalik Buterin dapat menjadi momen penting bagi Ethereum, memberikan efek yang signifikan bagi pengguna dan ekosistem crypto secara umum.

Dengan kemungkinan peningkatan kapasitas dan efisiensi jaringan, kamu mungkin akan merasakan perubahan yang besar dalam melakukan transaksi dengan Ethereum. Pastikan kamu tetap terupdate dan siap menyesuaikan strategi crypto kamu seiring dengan perubahan yang terjadi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: