Vitalik Buterin Bongkar Mitos Layer 3 Ethereum: Bukan Solusi Ajaib!

author:

Vitalik Buterin Bongkar Mitos Layer 3 Ethereum: Bukan Solusi Ajaib!

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan komunitas Ethereum, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, mengungkapkan pandangannya yang kritis terhadap solusi Layer 3.

Dengan meningkatnya diskusi tentang solusi Layer 3 sebagai jawaban atas masalah skalabilitas Ethereum, Buterin menegaskan bahwa solusi ini tidak secara ajaib meningkatkan performa jaringan.

Pernyataan ini menambahkan suara kritis terhadap narasi yang berkembang dan memicu perdebatan baru dalam ekosistem crypto.

Layer 3: Bukan Jawaban untuk Skalabilitas

vitalik buterin layer 3
Sumber: X

Buterin menekankan bahwa solusi Layer 3 tidak secara inheren meningkatkan throughput jaringan Ethereum secara signifikan.

Baca juga: Vitalik Buterin Bagikan Langkah Selanjutnya untuk Ethereum ‘The Purge’

Sebaliknya, solusi ini dapat membantu mengurangi biaya tetap tertentu yang terkait dengan publikasi batch dan deposit/penarikan. Ini merupakan pandangan yang berbeda dari harapan banyak pengembang dan investor yang melihat Layer 3 sebagai kunci untuk mengatasi tantangan skalabilitas Ethereum.

Dalam sebuah blog post yang dibagikan kembali oleh Buterin, dia menjelaskan tiga versi berbeda dari Layer 3 dan pentingnya dalam ekosistem Ethereum.

Dia menggarisbawahi bahwa fokus utama Layer 2 adalah untuk skalabilitas umum, sedangkan Layer 3 menyediakan fungsionalitas khusus seperti fitur privasi, bukan untuk mencapai “skalabilitas kuadrat”.

Pendekatan Berlapis untuk Fungsionalitas

Buterin menguraikan bahwa Layer 2 memfasilitasi skalabilitas umum, sementara Layer 3 menawarkan solusi skalabilitas yang disesuaikan.

Skalabilitas khusus ini bisa berbentuk aplikasi khusus yang menggunakan metode komputasi selain dari Ethereum Virtual Machine (EVM), atau rollup yang mengoptimalkan kompresi data untuk aplikasi tertentu dengan memisahkan data dari bukti dan berpotensi menggantikan bukti dengan satu SNARK per blok.

Selain itu, Buterin menambahkan bahwa ada cara “lebih ringan” lain untuk mendapatkan penghematan biaya yang sama yang ditawarkan oleh Layer 3. Ini menunjukkan bahwa solusi untuk tantangan skalabilitas mungkin tidak semata-mata terletak pada pengembangan lapisan tambahan, tetapi juga pada inovasi dalam pendekatan yang ada.

Baca juga: Kontroversi Baru di Dunia Crypto: CEO Polygon Soroti Risiko Layer 3 bagi Ethereum!

Masa Depan Ethereum: Di Mana Fokus Harusnya?

Pernyataan Buterin menimbulkan pertanyaan tentang arah pengembangan masa depan Ethereum dan bagaimana komunitas harus menangani tantangan skalabilitas.

Dengan kritik terhadap solusi Layer 3, mungkin saatnya untuk mengevaluasi kembali fokus pada peningkatan infrastruktur inti dan mencari solusi inovatif yang tidak hanya mengejar penambahan lapisan tetapi juga mengoptimalkan lapisan yang ada.

Secara keseluruhan, debat ini membuka peluang bagi pengembang dan pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam mencari pendekatan baru yang dapat meningkatkan performa Ethereum tanpa mengorbankan keamanan atau desentralisasi.

Diskusi ini penting untuk memastikan bahwa Ethereum dapat terus berkembang dan memenuhi kebutuhan penggunanya di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Rank