Vitalik Buterin Menyoroti Masa Depan Ethereum: Menuju Staking yang Lebih Terdesentralisasi!

Vitalik Buterin Menyoroti Masa Depan Ethereum: Menuju Staking yang Lebih Terdesentralisasi!

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini membagikan pandangannya tentang masa depan staking Ethereum. Dalam sebuah tulisan blog, dia menyoroti kebutuhan untuk mengatasi sentralisasi yang ada dalam ekosistem Ethereum dan bagaimana meningkatkan desentralisasi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Protokol dan Integrasi ke Dalam Kode Ethereum

Buterin membahas berbagai protokol, termasuk protokol abstraksi akun ERC-4337, ZK-EVMs, private mempools, code precompiles, dan liquid staking.

Dia mendukung integrasi beberapa protokol, seperti ERC-4337, langsung ke dalam kode Ethereum. Namun, dia lebih berhati-hati terhadap protokol lain seperti private mempools. Setiap protokol menawarkan pertimbangan yang kompleks dan akan terus berkembang seiring waktu.

Baca Juga: Rayakan Tahun ke-10 Ethereum, Foto Ikonik Vitalik Buterin Dilelang sebagai NFT!

Konsentrasi Liquid Staking dan Risikonya

Buterin mengungkapkan kekhawatirannya terhadap konsentrasi penyedia liquid staking Ethereum. Saat ini, Lido mengendalikan lebih dari 32% Ethereum yang di-stake, meskipun tersebar di berbagai validator.

Lido dan Rocket Pool, sebagai dua penyedia teratas, memiliki risiko yang berbeda. Meskipun mereka memiliki mekanisme keamanan, Buterin menekankan bahwa mekanisme tersebut mungkin belum cukup. Vitalik menyoroti pentingnya diversifikasi penyedia staking untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas jaringan.

Baca Juga: Dompet Vitalik Buterin Mengirimkan 400 ETH Senilai $630 Ribu ke Coinbase, Ada Apa?

Langkah Menuju Desentralisasi yang Lebih Kuat

ethereum desentralisasi
Sumber: CryptoComes

Alih-alih hanya mengandalkan tekanan moral untuk mendorong diversifikasi penyedia staking, Buterin mempertimbangkan perubahan pada protokol Ethereum untuk mendesentralisasi liquid staking.

Beberapa saran inovatifnya termasuk menyesuaikan pendekatan RocketPool dan memberdayakan komite kecil yang dipilih secara acak dengan hak tata kelola yang ditingkatkan.

Langkah-langkah ini dapat membantu memastikan bahwa Ethereum tetap terdesentralisasi dan kuat di masa depan.

Pandangan Vitalik Buterin tentang masa depan staking Ethereum menyoroti pentingnya desentralisasi dan inovasi berkelanjutan. Dengan pemikiran dan solusi yang dia tawarkan, masa depan Ethereum tampak cerah dan penuh dengan potensi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: