Vitalik Buterin: “Kesederhanaan adalah Kunci Keberhasilan Ethereum L2”

Vitalik Buterin: “Kesederhanaan adalah Kunci Keberhasilan Ethereum L2”

Dalam dunia crypto yang terus berkembang, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kompleksitas yang berlebihan pada solusi Layer 2 (L2). Meskipun L2 seperti Optimism, Polygon, dan Arbitrum menawarkan transaksi yang lebih murah dan cepat, Buterin menekankan pentingnya menjaga kesederhanaan untuk meminimalkan risiko. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesederhanaan vs. Kompleksitas

Buterin menyarankan bahwa tidak semua fitur kompleks yang diinginkan pengembang harus dibangun di atas solusi L2. Dengan L2 yang memproses sekitar 75 transaksi per detik (TPS) dibandingkan dengan 12 TPS di Ethereum mainnet, penting untuk mempertimbangkan risiko keamanan yang ditimbulkan oleh fitur kompleks di L2.

Menurut Buterin, ketika fitur kompleks dibangun di L2 dan bukan di lapisan dasar, mereka dapat memperkenalkan risiko tambahan. Dalam kasus kegagalan konsensus L1, masalah dapat diatasi dengan relatif cepat, tetapi bug di L2 dapat menyebabkan kerugian finansial yang permanen bagi pengguna.

Baca Juga: Grayscale Mengajukan ETF Privasi ke SEC, Zcash Menjadi Bagian dari Penawaran!

Keseimbangan Fitur L1 dan L2

keseimbangan fitur l1 dan l2
Sumber: Akun X Vitalik eth

Buterin menekankan pentingnya menambahkan fitur L1 yang canggih untuk mengurangi beban kode dari L2, memungkinkan mereka untuk tetap sederhana. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara mempertahankan kesederhanaan jaringan L1 sambil mengurangi kompleksitas dan potensi risiko di L2.

Pendekatan ini mencerminkan perubahan sikap Buterin terhadap L2. Sebelumnya, ia mendukung pemeliharaan kesederhanaan maksimal di Ethereum mainnet. Namun, dengan fokus baru pada keamanan, Buterin kini menganjurkan untuk mempertimbangkan penambahan fitur L1 yang dapat mengurangi kompleksitas L2.

Baca Juga: Gagal Total! Cardano dan Terra Jadi Ekosistem dengan Proyek Mati Terbanyak

Masa Depan Ethereum dan L2

Dengan upgrade Dencun yang akan segera diluncurkan di Ethereum mainnet, yang akan memperkenalkan EIP-4844 atau proto-danksharding, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam kecepatan transaksi dan pengurangan biaya untuk L2. Ini menandai langkah penting dalam evolusi Ethereum dan ekosistem L2-nya.

Buterin percaya bahwa dengan pendekatan yang tepat, Ethereum dapat mencapai keseimbangan antara kesederhanaan dan fungsionalitas, memastikan keamanan dan skalabilitas jaringan tanpa mengorbankan inovasi dan kompleksitas yang diperlukan untuk aplikasi onchain yang semakin kompleks.

Kesimpulan

Dalam perjalanan menuju masa depan crypto yang lebih aman dan efisien, pandangan Vitalik Buterin tentang pentingnya kesederhanaan dalam solusi L2 Ethereum menawarkan panduan berharga. Dengan mempertimbangkan keseimbangan antara fitur L1 yang canggih dan kesederhanaan L2, komunitas Ethereum dapat bergerak maju dengan lebih percaya diri, mengurangi risiko sambil memelihara ruang untuk inovasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: