Vitalik Buterin Menjual 500 Token MKR Miliknya, Ada Apa?

author:

Vitalik Buterin Menjual 500 Token MKR Miliknya, Ada Apa?

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan banyak orang di industri crypto, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah menjual seluruh token MKR-nya. Penjualan ini terjadi setelah pendiri MakerDAO, Rune Christensen, memuji blockchain Solana, menimbulkan spekulasi tentang alasan di balik keputusan Buterin. Bahas lebih lanjut, yuk!

Detail Penjualan Token oleh Buterin

vitalik buterin jual mkr
Vitalik Buterin MKR Sales – Sumber Arkham Intelligence

Vitalik Buterin menukarkan 500 token MKR miliknya dengan 350 ETH, dengan nilai sekitar $581,000. Transaksi ini dilakukan melalui protokol CoW, dan ETH yang diterima kemudian ditransfer ke alamat 0x3f6.

Baca juga: Data Arkham Ungkap Grayscale Ethereum Trust Merupakan Pemegang ETH Terbesar Kedua di Dunia

Menurut laporan, ini merupakan kali pertama Buterin menjual token MKR-nya dalam dua tahun terakhir, yang pada akhirnya menimbulkan pertanyaan besar di komunitas crypto.

Sebelumnya, Buterin mendapatkan keuntungan sekitar 27% dari token MKR yang dia jual, mengingat dia memperoleh token tersebut pada April 2018 dengan harga $905 per token.

Pujian MakerDAO terhadap Solana

pendiri makerdao puji solana
Pendiri MakerDao, Rune Christensen – Sumber: Coin Republic

Dilansir dari The News Crypto (3/8/23), Rune Christensen, pendiri MakerDAO, baru-baru ini menulis sebuah postingan blog yang menyoroti rencana jangka panjang untuk implementasi ulang proyeknya pada blockchain baru, yang disebut NewChain. Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah menggunakan kode dasar Solana.

Christensen mengutip tiga alasan untuk tekadnya bahwa basis kode Solana adalah yang “paling menjanjikan” untuk dieksplorasi untuk NewChain termasuk kualitas teknis dan pengoptimalan basis kode Solana, ketahanan ekosistem Solana setelah “ledakan FTX”, dan contoh-contoh masa lalu dari percabangan yang sukses dari Solana, seperti Pyth Network.

Lebih lanjut, dia juga membayangkan masa depan di mana NewChain MakerDAO berfungsi sebagai jembatan antara Ethereum dan Solana, meningkatkan efek jaringan ekonomi multichain.

Baca juga: Bikin Geger! Vitalik Buterin Kirim Ethereum Senilai $1 Juta ke Bursa Crypto Ini

Spekulasi dan Reaksi Pasar

Penjualan token oleh Buterin telah menimbulkan berbagai spekulasi di komunitas crypto. Beberapa berpendapat bahwa ini mungkin sebagai respons terhadap pujian MakerDAO terhadap Solana.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa penjualan ini mungkin merupakan indikator bearish atau kurangnya kepercayaan pada strategi MakerDAO. Meskipun demikian, MKR telah menunjukkan kinerja positif baru-baru ini, dengan kenaikan 9,1% dalam tujuh hari terakhir, sebagian besar berkat pengembangan protokol dan pengenalan SubDAOs di Korea.

Pada akhirnya, meskipun alasan pasti di balik penjualan token oleh Buterin masih menjadi misteri, langkah ini pasti menyoroti dinamika yang kompleks dan berkembang di antara proyek-proyek blockchain utama. Bagaimana ini akan mempengaruhi Ethereum dan MakerDAO di masa depan masih harus dilihat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: