Vitalik Buterin Jelaskan Perjalanan Abstraksi Akun Ethereum di EthCC, Seperti Apa?

author:

Vitalik Buterin Jelaskan Perjalanan Abstraksi Akun Ethereum di EthCC, Seperti Apa?

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini memberikan wawasan mendalam tentang rencana Ethereum untuk membuat dompet crypto sepraktis penggunaan email. Dalam konferensi Ethereum Community Conference (EthCC) di Paris, Buterin membahas tentang “abstraksi akun”, sebuah fitur di Ethereum yang bertujuan untuk membuat sistem lebih fleksibel dan mudah digunakan.

Abstraksi Akun: Membuat Ethereum Lebih Fleksibel

Menurut laporan, abstraksi akun adalah fitur kunci dalam Ethereum yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan yang lebih besar bagi pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan model keamanan akun mereka sendiri, yang berarti bahwa Ethereum dapat disesuaikan untuk berbagai kasus penggunaan.

Misalnya, pengguna dapat menetapkan aturan validasi transaksi mereka sendiri, seperti persyaratan multi-tanda tangan atau batas pengeluaran. Ini memberikan pengguna kontrol yang lebih besar atas akun mereka dan memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan penggunaan Ethereum sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Vitalik Buterin Sarankan Solusi Skala ZK Roll-ups untuk Bitcoin, Ini Alasannya!

Selain itu, abstraksi akun juga memungkinkan pengguna untuk membuat akun mereka kompatibel dengan algoritma kriptografi masa depan. Ini berarti bahwa Ethereum dapat terus beradaptasi dan berkembang seiring dengan perkembangan dalam teknologi kriptografi. Dengan demikian, Ethereum dapat tetap relevan dan berguna bahkan ketika teknologi baru dan inovatif diperkenalkan.

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, menggambarkan abstraksi akun memungkinkan akun Ethereum dikendalikan oleh kode smart contract daripada kunci pribadi. Ini adalah pergeseran signifikan dari model tradisional, di mana akun dikendalikan oleh kunci pribadi. Dengan memungkinkan akun dikendalikan oleh kode smart contract, Ethereum dapat memberikan tingkat keamanan dan fleksibilitas yang lebih tinggi bagi pengguna.

Perjalanan Abstraksi Akun Ethereum

account abstraction ethereum
Sumber: Fifty finney

Sejak awal, Ethereum telah memiliki visi untuk memungkinkan akun dikendalikan oleh kode daripada hanya kunci. Menurut Buterin, ide ini telah ada sejak awal Ethereum. Namun, implementasi awal abstraksi akun menghadapi beberapa tantangan. Misalnya, pada rilis bukti konsep Ethereum pertama, ada harapan bahwa pengguna akan mengadopsi dompet multi-tanda tangan. Tetapi, hal ini tidak terjadi dalam segera, dan deteksi deposit bursa menjadi lebih sulit dengan multi-tanda tangan. Selain itu, ada juga kompleksitas dalam membayar biaya penambang dari dompet smart contract.

Seiring berjalannya waktu, Ethereum terus berusaha untuk mengatasi tantangan ini. Komunitas Ethereum telah berulang kali beriterasi pada berbagai ide abstraksi akun. Beberapa proposal muncul seputar standarisasi tanda tangan, penggunaan “opcode breakpoint”, pembatasan akses selama verifikasi transaksi, dan lainnya. Namun, kemajuan terhambat oleh kompleksitas perubahan protokol dasar dan fokus pada pengiriman bukti kepemilikan (proof-of-stake). Baru pada tahun 2020, proposal EIP abstraksi akun yang konkret diajukan.

Proyek independen seperti Gas Station Network dan Argent Wallet mendorong inovasi lebih lanjut. Mereka menemukan cara kreatif untuk mengaktifkan meta-transaksi dan akun abstrak hanya menggunakan kontrak pintar. Namun, solusi yang mengandalkan transaksi “wrapper” memiliki kelemahan seperti overhead per transaksi yang tinggi. Baru-baru ini, EIP-4337 diajukan untuk memberikan standar abstraksi akun universal hanya menggunakan smart contract, menghindari perubahan protokol dasar.

Baca juga: Ethereum Puncaki Peringkat ESG Institusional, Bagaimana dengan Bitcoin?

Hal tersebut memungkinkan dompet untuk berintegrasi melalui kontrak “entry point” yang tepercaya, menggunakan kontrak “bundler” untuk mengelompokkan meta-transaksi, dan memanfaatkan pembangun MEV untuk menyediakan pasar biaya.

Masa Depan Abstraksi Akun Ethereum

ethereum upgrade dencun
Sumber: Decrypt

Buterin mengakui keinginan yang meningkat untuk menanamkan bagian dari abstraksi akun (seperti ERC-4337) langsung ke dalam protokol untuk efisiensi dan resistensi sensor. Dia juga mencatat pentingnya memastikan transisi yang lancar bagi pengguna EOA lama dan mengintegrasikan inovasi seperti penandatangan biometrik.

Secara keseluruhan, presentasi Buterin memberikan wawasan langka ke dalam perjuangan historis Ethereum untuk mengaktifkan struktur akun yang canggih. Melalui tahun-tahun iterasi dan kolaborasi industri, kemajuan substansial telah dibuat pada masalah kompleks tetapi mendasar ini.

Seperti yang dicatat oleh Buterin, kerja keras banyak pengembang Ethereum yang berbakat telah membawa ekosistem ini jauh lebih dekat dengan visi asli abstraksi akun yang mulus dan fleksibel. Inovasi dalam ekosistem Ethereum mungkin lebih kuat dari sebelumnya, dengan ETH yang mencakup 19% dari total kapitalisasi pasar crypto, mendekati rekor tertinggi sepanjang waktu sebesar 24% yang ditetapkan pada tahun 2018.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: