Vitalik Buterin Sebut Friend.Tech Sebagai DeFi yang Buruk, Kok Bisa?

author:

Vitalik Buterin Sebut Friend.Tech Sebagai DeFi yang Buruk, Kok Bisa?

Cryptocurrency memang sedang naik daun, namun tidak semua cryptocurrency memiliki reputasi yang baik. Salah satunya adalah Friend.Tech yang baru-baru ini disebut sebagai DeFi yang buruk oleh Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Friend.Tech dan mengapa Buterin memberikan julukan tersebut.

Friend.Tech: DeFi yang Buruk

vitalik buterin friend.tech
Sumber: X

Friend.Tech adalah sebuah platform decentralized finance (DeFi) yang memungkinkan pengguna untuk meminjam, meminjamkan, dan memperdagangkan aset cryptocurrency. Platform ini diluncurkan pada tahun 2022 dan dengan cepat menarik perhatian banyak investor.

Baca juga: Vitalik Buterin Menyoroti Peluang dan Risiko dalam Penggabungan Crypto dan AI

Namun, baru-baru ini Friend.Tech mendapat kritikan tajam dari Vitalik Buterin. Dalam sebuah tweet, Buterin menyebut Friend.Tech sebagai “DeFi yang buruk” dan memperingatkan para investor untuk tidak menggunakan platform tersebut.

Buterin menilai bahwa Friend.Tech memiliki beberapa masalah mendasar, termasuk kurangnya transparansi, keamanan yang lemah, dan tata kelola yang buruk.

Farcaster dan Lens: Alternatif DeFi yang Lebih Baik

farcaster
Sumber: Thirdweb

Meskipun Friend.Tech mendapat kritikan dari Buterin, masih ada banyak platform DeFi lainnya yang lebih baik dan lebih aman. Salah satunya adalah Farcaster, sebuah protokol aplikasi sosial terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol data mereka sendiri dan membangun aplikasi di jaringan tanpa izin.

Farcaster baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yang disebut “frames” yang memungkinkan pengguna untuk membuat NFT, melakukan transaksi, mengklaim token, membaca posting blog eksternal, dan berpartisipasi dalam survei, semuanya dalam aplikasi itu sendiri.

Baca juga: Terobosan Decentralized Social Media: Masa Depan Komunikasi Digital!

Fitur ini telah terbukti sangat populer dan telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna aktif harian Farcaster.

Selain Farcaster, ada juga Lens, sebuah grafik sosial komposable terdesentralisasi yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi media sosial generasi berikutnya. Lens telah mengalami pertumbuhan yang cepat dalam beberapa bulan terakhir dan sekarang memiliki lebih dari 100.000 pengguna aktif harian.

Friend.Tech mungkin adalah salah satu platform DeFi yang populer, tetapi bukan berarti platform ini aman dan terpercaya. Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah memperingatkan para investor untuk tidak menggunakan Friend.Tech karena memiliki beberapa masalah mendasar, termasuk kurangnya transparansi, keamanan yang lemah, dan tata kelola yang buruk.

Jika kamu mencari platform DeFi yang lebih baik dan lebih aman, ada baiknya kamu mempertimbangkan Farcaster atau Lens.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: