Vitalik Buterin Pindahkan ETH Senilai $181.000 ke Coinbase, Apakah Ethereum akan Melambung?

author:

Vitalik Buterin Pindahkan ETH Senilai $181.000 ke Coinbase, Apakah Ethereum akan Melambung?

Pemindahan 100 koin Ethereum (ETH) oleh Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, ke Coinbase baru-baru ini telah menarik perhatian komunitas crypto. Transaksi ini, yang bernilai sekitar $181.000, telah memicu spekulasi dan pertanyaan tentang tujuan sebenarnya dari transfer tersebut.

Transaksi Vitalik Buterin yang Misterius

vitalik buterin transfer ke coinbase
Sumber: Twitter

Pada 1 November 2023, akun penyelidik blockchain di aplikasi X (Twitter) @OnchainDataNerd telah melaporkan bahwa mereka telah melihat bagian lain dari ETH yang dikirim oleh salah satu pencipta Ethereum, Vitalik Buterin, ke bursa crypto terbesar di AS – Coinbase.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Ethereum: Vitalik Buterin Ungkap Strategi Baru untuk Layer-2

Beberapa analis crypto berpendapat bahwa transaksi ini mungkin dilakukan untuk alasan pribadi atau untuk mendanai proyek lain. Namun, alasan sebenarnya di balik transfer misterius ini masih belum jelas. Selain itu, masih belum diketahui apakah Vitalik akan terus menjual kepemilikannya atau apakah ini hanya kejadian satu kali.

Sejak 17 September 2023, Vitalik telah menyetor 3.700 ETH, senilai sekitar $6,12 juta, ke Bitstamp, Paxos, dan Coinbase.

Vitalik Buterin Bantah Spekulasi

Menanggapi spekulasi ini, Vitalik Buterin mengklarifikasi melalui tweet di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa dia tidak melakukan transaksi untuk keuntungan bisnis atau pribadi sejak 2018.

Dia menjelaskan bahwa transfer ETH yang dilakukannya dalam beberapa tahun terakhir adalah untuk amal dan donasi. Vitalik juga menginformasikan bahwa jika ada informasi dengan judul seperti “Vitalik mengirimkan XXX ETH ke (bursa)”, itu bukan untuk dijual, tetapi selalu untuk disumbangkan ke beberapa amal, organisasi nirlaba, atau proyek lainnya. Penerima akhirnya akan menjual ETH tersebut untuk menutupi biaya mereka.

Meski demikian, gerakan Vitalik ini tidak berdampak signifikan pada harga Ethereum. Harga Ethereum saat ini diperdagangkan pada $1.804,02, dengan peningkatan sebesar 0,62% dalam 24 jam terakhir.

Volume perdagangan Ethereum turun 13,47% menjadi $6,65 miliar. Kapitalisasi pasar crypto kedua terbesar ini adalah $216,90 miliar pada saat penulisan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: