Dermawan! Vitalik Buterin Donasi Rp3,4 Miliar untuk Bantu Korban Gempa di Turki

Dermawan! Vitalik Buterin Donasi Rp3,4 Miliar untuk Bantu Korban Gempa di Turki

Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah mengirimkan sekitar $227.000 atau setara dengan Rp3,4 miliar dalam bentuk ETH ke 2 organisasi bantuan gempa Turki.

Dua kontribusi penting ini akan dikelola untuk membantu para korban gempa dahsyat yang terjadi awal bulan Februari 2023 lalu di Turki.

Apa tanggapan Buterin mengenai donasi korban gempa Turki dalam bentuk ETH ini? Simak informasinya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Vitalik Buterin Konsisten Kirimkan Donasi

Gempa berkekuatan 7,8 SR telah melanda Turki dan Suriah pada 6 Februari 2023. Korban tewasnya kini tercatat telah alami peningkatan signifikan menjadi 33.000 korban jiwa. Jumlah korban jiwa ini merupakan jumlah korban jiwa gempa di Turki terburuk selama beberapa dekade terakhir.

Baca Juga: UNICEF Galang Dana $700.000 dari NFT untuk Sekolah Tanpa Internet!

Selama seminggu terakhir, co-founder Ethereum telah menjadi salah satu dari banyak pihak yang secara aktif menyumbangkan Ethereum untuk mendukung upaya bantuan korban gempa bumi di Turki. Donasi terbarunya dilakukan pada 12 Februari 2023 adalah sebanyak 50 ETH. Jumlah donasi terbarunya tersebut bernilai sekitar $77.000 atau setara dengan Rp1,1 miliar.

Teknologi Crypto Dinilai Bantu Menarik Lebih Banyak Dana Donasi

Teknologi Crypto Dinilai Bantu Menarik Lebih Banyak Dana Donasi
dGEN Network3

Anka Relief, salah satu organisasi yang mengelola bantuan gempa bumi di Turki, berterima kasih kepada co-founder Ethereum atas donasinya dan mengatakan bahwa donasi crypto telah tersalurkan sejak hari pertama bencana. Salah satu perwakilan dari Anka Relief mengatakan bahwa:

“Sejak hari pertama bencana, kami menyaksikan banyaknya donasi yang masuk ke wallet segelintir Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) besar. Hal ini patut diacungi jempol karena teknologi crypto telah membantu menarik lebih banyak dana”.

Crypto dan NFT selama beberapa tahun terakhir banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengirimkan dan menerima donasi dengan mudah, hemat, dan cepat. Selain membantu donasi bencana alam, sejumlah organisasi dunia bahkan telah menerapkan inisiatif Web3 dan proyek NFT untuk membantu penggalangan dana dengan berbagai tujuan.

Dilansir dari laman Cointelegraph, meskipun metode ini masih merupakan hal yang baru, proyek-proyek NFT untuk filatropi dinilai relatif berhasil untuk diaplikasikan. Bagaimana NFT bisa digunakan sebagai alat donasi? Simak informasi selengakapnya mengenai NFT dan Crypto Digunakan untuk Galang Donasi Kanker Payudara di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: