Vitalik Buterin Menawarkan Pendekatan Minimalis untuk Desain Protokol Ethereum! Bakal Seperti Apa?

Vitalik Buterin Menawarkan Pendekatan Minimalis untuk Desain Protokol Ethereum! Bakal Seperti Apa?

Seiring dengan tantangan skalabilitas, keamanan, dan efisiensi yang dihadapi Ethereum, ada kebutuhan untuk pembaruan signifikan, yang dikenal sebagai Ethereum 2.0. Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini memberikan wawasan berharga tentang evolusi potensial teknologi blockchain ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebutuhan untuk Enkapsulasi dan Risiko Terkait

Buterin menyarankan bahwa mungkin menguntungkan untuk “mengenkapsulasi” fungsionalitas tertentu dalam protokol Ethereum. Dalam pengembangan perangkat lunak, enkapsulasi melibatkan kombinasi data dan fungsi yang sesuai menjadi satu kesatuan.

Namun, Buterin juga menyatakan kehati-hatian mengenai risiko yang mungkin terkait dengan enkapsulasi berlebihan. Dia menekankan bahwa enkapsulasi konten yang berlebihan dapat menghasilkan protokol yang terlalu kompleks.

Selain itu, dia berpendapat bahwa hal ini mungkin menjadi kontraproduktif karena kebutuhan pengguna sulit diprediksi.

Baca Juga: Vitalik Buterin Menyoroti Masa Depan Ethereum: Menuju Staking yang Lebih Terdesentralisasi!

Jalan Tengah: Enkapsulasi Minimum yang Dapat Diterapkan

Dilansir dari Coingape, sebagai solusi, Buterin menyarankan pendekatan yang disebut “enkapsulasi minimum yang dapat diterapkan”. Pendekatan ini melibatkan isolasi fungsionalitas tertentu yang mengatasi hambatan kunci.

Sebagai contoh, daripada mengenkapsulasi seluruh sistem staking likuiditas, akan lebih efektif untuk mengubah aturan sanksi staking untuk meningkatkan kelayakan staking likuiditas tanpa kepercayaan.

Demikian pula, alih-alih mengenkapsulasi precompiler tambahan, akan lebih menguntungkan untuk mengenkapsulasi EVM-MAX dan/atau SIMD.

Baca Juga: Vitalik Buterin Ungkap 3 Elemen Kunci yang Akan Menentukan Sukses Ethereum!

Menghadap ke Masa Depan Ethereum

masa depan eth
Sumber: Bitcoin News

Wawasan Buterin memberikan gambaran tentang potensi masa depan Ethereum. Pertimbangan ini akan memainkan peran penting dalam menentukan arah Ethereum di masa depan.

Tantangannya adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara fleksibilitas dan keamanan. Pendekatan Buterin menekankan pentingnya pertimbangan mendalam dan perencanaan strategis dalam pengembangan berkelanjutan Ethereum.

Pandangan Vitalik Buterin tentang pendekatan minimalis dalam desain protokol menyoroti pentingnya inovasi yang dipadukan dengan praktikalitas dan desain berpusat pada pengguna. Dengan pendekatan ini, masa depan Ethereum tampak cerah dan penuh dengan potensi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: