Viral! Vitalik Buterin Ungkap Alasan Mengapa Ia Tak Staking Semua Ether Miliknya!

Viral! Vitalik Buterin Ungkap Alasan Mengapa Ia Tak Staking Semua Ether Miliknya!

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini menyatakan bahwa ia tidak mempertaruhkan seluruh Ether (ETH) miliknya.

Hal ini disebabkan oleh kompleksitas dompet multisignature. Pengungkapannya ini muncul dalam episode podcast Bankless pada tanggal 29 Juni 2023.

Dompet Multisignature dan Staking Ether

Dalam podcast tersebut, Buterin mengungkapkan “alasan terbesar” mengapa ia hanya staking sebagian kecil dari ETH miliknya.

Baca Juga:

Ia menjelaskan:

“Karena jika kamu staking ETH kamu, kunci yang mengaksesnya harus dipublikasikan pada subsistem yang online. Untuk keamanan, harus menggunakan Multisig. Multisig untuk staking masih cukup sulit untuk diatur; ini menjadi rumit dalam banyak hal.”

Buterin juga membahas protokol EigenLayer, yang memungkinkan validator dan staker Ethereum untuk “memperbarui” aset mereka ke jaringan yang sedang muncul.

Staking dalam Jaringan Ethereum dan Risiko Sentralisasi

analisa harga ethereum 8 mei 2023

Meski masih dalam fase testnet dan tidak diharapkan meluncur hingga kuartal ketiga 2023, Buterin menyebutkan tantangan utama adalah bahwa hal ini menciptakan “risiko sentralisasi.”

Menurutnya:

Staker yang dapat dipercaya akan lebih dihargai oleh sistem dibanding staker yang tidak dapat dipercaya. Staker yang dapat dipercaya jauh lebih kecil kemungkinannya untuk benar-benar mendapatkan sanksi.”

Sreeram Kaanan, pendiri EigenLayer, menjelaskan ada “risiko kompleks” dengan restaking, dan penting untuk mengambil “pendekatan yang terkendali dalam membangun restaking.”

Baca Juga:

Ia menambahkan:

“Kendalanya berupa apa yang benar-benar baik untuk ekosistem dan kendala dalam membangun inovasi baru yang dapat dibuka berdasarkan konsep ini.”

Hal ini muncul setelah Buterin bercerita dalam blog-nya pada 9 Juni 2023 bahwa blockchain Ethereum benar-benar “gagal” tanpa infrastruktur penskalaan yang cukup untuk membuat transaksi menjadi murah.

Dia juga mencatat titik kegagalan lainnya terkait dengan dompet smart contract dan tantangan yang timbul dari kompleksitas pengalaman pengguna ketika pengguna mengendalikan beberapa alamat sekaligus.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: