Semakin Terdepan, Visa dan Microsoft Bergabung dalam Percontohan CBDC Brasil

author:

Semakin Terdepan, Visa dan Microsoft Bergabung dalam Percontohan CBDC Brasil

Visa dan Microsoft, dua perusahaan raksasa global, telah bergabung dalam proyek mata uang digital bank sentral (CBDC) Brasil yang akan datang.

Banco Central do Brasil, bank sentral negara ini, berencana untuk memasukkan peserta ke dalam platform mata uang digital, Real Digital, mulai pertengahan Juni 2023. Proyek ini telah menarik perhatian baik perusahaan nasional maupun global, yang mana mempertegas posisi Brasil sebagai titik panas bagi perusahaan crypto globa.

Peserta Proyek Mata Uang Digital Brasil

pembayaran offline cbdc
Sumber: Bank of International Settlements

Pada 24 Mei 2023, bank sentral mempublikasikan daftar final peserta proyek CBDC. Peserta dipilih dari 36 proposal yang diajukan oleh perusahaan tunggal dan konsorsium, yang mencakup lebih dari 100 institusi.

Jumlah akhir peserta adalah 14, namun beberapa mewakili kelompok perusahaan. Misalnya, Microsoft, yang berbasis di Amerika Serikat, Banco Inter yang berbasis di Brasil, dan perusahaan teknologi digital, 7COMm, merupakan salah satu dari 14 peserta ini.

Di antara peserta lainnya adalah Visa, Santander, dan beberapa institusi perbankan Brasil, seperti Itaú Unibanco, BTG Pactual dan Banco Bradesco. Dalam fase dari proyek mata uang Real Digital ini, bank sentral akan menguji fungsionalitas privasi dan programmability dari platformnya melalui satu kasus penggunaan, yakni protokol pengiriman versus pembayaran untuk sekuritas publik federal.

Lebih lanjut, proyek CBDC Brasil ini juga didukung oleh Nubank, sebuah perusahaan yang didukung oleh Warren Buffet, dan B3, bursa efek dan komoditas lokal.

Baca juga: Perluas Ekspansinya, Circle Meluncurkan Stablecoin Berbasis Euro (EUROC) di Avalanche

Detail Proyek CBDC Brasil

Proyek CBDC Brasil resmi diumumkan pada tahun 2022. Nilai mata uang Real Digital akan dikaitkan dengan mata uang fiat nasional, yaitu Real. Mata uang ini akan memiliki pasokan yang tetap dan akan dicetak secara bertahap seiring waktu.

Selanjutnya, koordinator proyek untuk inisiatif CBDC bank, Fabio Araujo, telah mengungkapkan bahwa tujuan dari CBDC adalah agar dapat diadopsi secara luas oleh populasi umum pada akhir tahun 2024.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh peneliti pasar teknologi Inggris, Juniper Research, pada bulan Maret 2023, nilai global CBDC diperkirakan akan tumbuh menjadi $213 miliar pada tahun 2030 dari $100 juta pada tahun 2023.

Brasil dan Lanskap Crypto Global

cbdc brasil
Coincu News

Dengan populasi 214 juta, negara terbesar di Amerika Latin ini bukanlah pendatang baru di dunia cryptocurrency dan sebenarnya telah mengeksplorasi pengembangan regulasi. Pada Februari 2023, Ministério Público Federal (MPF) mengonfirmasi bahwa mereka sedang merumuskan ketentuan untuk memfasilitasi proses hukum dalam menyita aset digital ini.

Sebelumnya pada Januari 2023, Binance, salah satu bursa cryptocurrency terbesar di dunia, mengumumkan kemitraan dengan MasterCard. Sejak Maret, Coinbase telah bermitra dengan penyedia pembayaran lokal untuk menawarkan pembelian crypto, dan memungkinkan deposit dan penarikan dalam mata uang lokal.

Pada 19 Mei 2023, bank sentral memberikan izin kepada Latam Gateway, penyedia pembayaran untuk Binance di Brasil, untuk beroperasi sebagai institusi pembayaran dan penerbit uang elektronik.

Baca juga: Gokil! Stably Luncurkan #USD, Stablecoin BRC20 Pertama di Jaringan Bitcoin

Oleh karenanya, pengumuman Visa dan Mastercard bergabung dalam proyek CBDC Brasil menegaskan pentingnya negara ini dalam lanskap crypto global. Melalui proyek ini, Brasil terus menunjukkan komitmennya untuk merangkul cryptocurrency dan mengeksplorasi kerangka kerja regulasi, memperkuat posisinya sebagai kekuatan penting dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: