Terobosan Baru di Dunia Keuangan: Visa dan Mastercard Memimpin Revolusi Crypto!

Terobosan Baru di Dunia Keuangan: Visa dan Mastercard Memimpin Revolusi Crypto!

Dunia keuangan sedang menyaksikan revolusi besar dengan Visa dan Mastercard sebagai pionir dalam integrasi crypto ke dalam sistem pembayaran tradisional. Kolaborasi ini tidak hanya menjanjikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pengguna crypto, tetapi juga membuka pintu bagi adopsi massal crypto di seluruh dunia. Mari kita telusuri bagaimana dua raksasa pembayaran ini mengubah cara kita bertransaksi. Simak berit lengkapnya disini!

Visa Membangun Jembatan ke Web3

crypto linked credit cards
Jumlah orang yang tertarik dengan kartu kredit yang terhubung dengan kripto pada tahun 2022 di antara mereka yang secara aktif atau pasif memiliki kripto, atau ingin tahu tentang kripto. Sumber: Survei Visa

Visa telah mengambil langkah besar menuju masa depan digital dengan mengembangkan solusi loyalitas Web3 yang memungkinkan pedagang untuk menciptakan kampanye keterlibatan digital yang didukung oleh crypto. Dengan kemitraan baru-baru ini dengan SmartMedia Technologies, Visa memperkenalkan “Visa Web3 Loyalty Engagement Solution” yang mencakup tiket NFT, koin loyalitas, dan perburuan harta karun realitas tertambah. Inisiatif ini tidak hanya menandai langkah Visa menuju Web3, tetapi juga menunjukkan komitmennya untuk mengintegrasikan crypto ke dalam kehidupan sehari-hari konsumen.

Visa tidak hanya berfokus pada kartu crypto, tetapi juga berinvestasi dalam pengembangan kapabilitas blockchain seperti Universal Payment Channel untuk transaksi bisnis. Dengan mengajukan berbagai merek dagang terkait metaverse, NFT, dan crypto, Visa menyiapkan diri untuk dominasi Web3 dalam perdagangan digital.

Baca Juga: Visa dan Crypto: Kolaborasi Miliaran Dolar yang Mengubah Dunia Pembayaran!

Mastercard dan MetaMask: Kolaborasi Inovatif

mastercard survey
Perincian bagaimana konsumen menggunakan kartu kredit Crypto.com pada tahun 2022. Sumber: Crypto.com

Mastercard, di sisi lain, telah mengambil langkah berani dengan bermitra dengan MetaMask untuk menguji kartu pembayaran yang sepenuhnya berjalan di blockchain. Kolaborasi ini menggabungkan jaringan luas Mastercard dengan basis pengguna MetaMask yang besar, memungkinkan pengguna untuk menghabiskan crypto mereka di mana saja kartu diterima. Inisiatif ini menandai langkah penting dalam menghubungkan dunia terdesentralisasi Web3 dengan keuangan tradisional, menawarkan layanan pembayaran yang benar-benar terdesentralisasi untuk pertama kalinya.

Kemitraan ini menunjukkan minat yang berkembang dari raksasa keuangan dalam ruang Web3. Mastercard, bersama dengan Visa, telah aktif mendekati pengembang blockchain publik dan penyedia dompet mandiri, dengan Mastercard bekerja sama dengan MetaMask dan perusahaan dompet keras Ledger untuk memperluas penawaran Web3-nya.

Baca Juga: Mastercard Luncurkan ‘Mastercard Crypto Credential’, Solusi Verifikasi Pengguna Web3!

Tantangan dan Peluang ke Depan

Meskipun ada kemajuan yang signifikan, masih ada tantangan yang harus diatasi untuk mencapai adopsi crypto secara massal. Regulasi yang diperlukan, pengalaman pengguna yang sering kali tidak intuitif, dan reputasi crypto sebagai aset berisiko adalah beberapa hambatan utama. Namun, program loyalitas dapat bertindak sebagai lapisan insentif tambahan di atas pembayaran yang diatur, dengan dukungan dari Visa dan Mastercard memberikan legitimasi bagi crypto di tengah ketidakpastian regulasi.

Dengan mengintegrasikan crypto dengan kartu kredit, pengalaman pengguna ditingkatkan, sementara kemitraan dengan merek keuangan terpercaya juga meningkatkan reputasi. Sebagai pemain kunci, dukungan Visa dan Mastercard menandakan bahwa hadiah crypto sedang menuju arus utama, meningkatkan kepercayaan dan mendorong adopsi lebih lanjut.

Dalam dunia di mana uang tunai masih mendominasi, program loyalitas yang didukung crypto menawarkan alat global bagi Visa dan Mastercard untuk menarik mereka yang tidak memiliki bank dan kurang terlayani, sekaligus memerangi penggunaan uang tunai yang stagnan. Menggabungkan hadiah ter-tokenisasi ke dalam pengeluaran rutin memberikan saluran yang sempurna untuk tidak hanya melibatkan pemegang kartu yang ada tetapi juga untuk mengonboard miliaran konsumen yang masih berada di pinggir pembayaran digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: