Terobosan Baru, Visa Luncurkan Dolar Hong Kong Digital (e-HKD)!

author:

Terobosan Baru, Visa Luncurkan Dolar Hong Kong Digital (e-HKD)!

Visa, raksasa pembayaran global, baru-baru ini mengumumkan penyelesaian program pilot Dolar Hong Kong Digital (e-HKD) bersama dengan bank-bank lokal ternama. Langkah ini tidak hanya menandai kemajuan signifikan dalam teknologi pembayaran tetapi juga membuka lembaran baru dalam sejarah mata uang digital.

Pilot e-HKD: Langkah Besar Menuju Masa Depan Keuangan

Visa telah menyelesaikan program pilot CBDC (Central Bank Digital Currency) bersama dengan HSBC dan Hang Seng Bank, memperkenalkan tokenisasi deposit sebagai inovasi terdepan.

Baca juga: Revolusi di Dunia Saham: Hong Kong Luncurkan Platform “Synapse”, Apakah Itu?

Dalam program ini, deposit yang disimpan di bank diubah menjadi token pada ledger blockchain milik bank dengan dukungan dari neraca keuangannya.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa waktu penyelesaian akhir untuk transfer antarbank hampir real-time, menandai peningkatan efisiensi yang signifikan dibandingkan sistem pembayaran tradisional.

Visa menuliskan,

“Waktu penyelesaian akhir untuk transfer antar bank, seperti yang dikonfirmasi melalui pengujian percontohan kami antar bank, hampir mendekati waktu nyata. Setoran yang ditokenisasi dibakar di buku besar bank pengirim, dicetak di buku besar bank penerima, dan secara bersamaan diselesaikan antar bank melalui lapisan CBDC grosir yang disimulasikan.”

Keunggulan Teknologi Tokenisasi Visa

Visa Gandeng Solana untuk Mempercepat Pembayaran Lintas Batas dengan USDC
Sumber: Forbes

Selanjutnya, Visa mengungkapkan bahwa platformnya dapat beroperasi 24/7, mengungguli sistem pembayaran konvensional yang tidak beroperasi di luar jam kerja atau selama akhir pekan.

Tokenisasi deposit memungkinkan transaksi yang aman dan transparan, di mana identitas peserta, saldo, atau jumlah transaksi tidak terungkap kepada pengguna non-bank.

Visa kini berencana untuk menjelajahi pasar aset yang ditokenisasi dan keuangan terprogram, membuka peluang baru dalam otomatisasi pembayaran dan manajemen aset.

Baca juga: Yuan Digital Kini Mendukung Mastercard dan Visa: Kemudahan Baru bagi Turis!

Fase Berikutnya: Ekspansi dan Integrasi

Setelah hasil yang sukses dari program pilot, e-HKD siap memasuki Fase 2, dengan pujian dari otoritas moneter kota.

Visa mengeksplorasi aplikasi lebih lanjut dari tokenisasi deposit, dengan fokus strategis pada tokenisasi pasar aset, keuangan terprogram, solusi ritel yang diperluas, dan pembayaran lintas batas.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen Visa untuk terus memajukan solusi pembayaran yang menguntungkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk warga, bisnis, dan pasar.

Secara keseluruhan, penyelesaian program pilot Dolar Hong Kong Digital oleh Visa menandai tonggak penting dalam evolusi mata uang digital. Dengan mengedepankan inovasi dan efisiensi, Visa tidak hanya memperkuat posisinya dalam industri pembayaran tetapi juga mendukung transformasi ekonomi digital di Hong Kong.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: