Visa Berbagi Keahlian Mata Uang Digital (CBDC) dengan Bank Sentral Azerbaijan

author:

Visa Berbagi Keahlian Mata Uang Digital (CBDC) dengan Bank Sentral Azerbaijan

Visa, salah satu perusahaan kartu pembayaran terkemuka di dunia, telah mengumumkan kerja sama dengan Bank Sentral Azerbaijan (CBA) untuk berbagi keahlian dalam pengembangan mata uang digital sentral (CBDC).

Cristina Doros, Wakil Presiden dan Manajer Regional Visa di Asia Tengah dan Azerbaijan, menekankan pentingnya dialog terbuka dan konstruktif antara kedua entitas.

Kerja Sama Visa dan CBA dalam Pengembangan CBDC

Visa dan CBA sedang menjalani diskusi untuk mengembangkan format kontak dan kerja sama yang sesuai dalam bidang CBDC. Doros menyatakan bahwa banyak bank sentral di seluruh dunia saat ini sedang mencari jawaban atas pertanyaan kritis mengenai infrastruktur dan arsitektur solusi CBDC serta cara penggunaannya.

Baca juga: Konsisten di Crypto, Visa Luncurkan Smart Contract Paymaster Pertama di Testnet Ethereum

Visa telah berkolaborasi dengan bank sentral di berbagai negara untuk mengembangkan versi digital dari mata uang mereka. Sebagai contoh, bank sentral Brasil baru-baru ini memilih Visa sebagai salah satu dari 14 institusi untuk berpartisipasi dalam program pilot CBDC mereka.

Pada awal 2023, eksekutif Visa mengungkapkan potensi integrasi solusi berbasis blockchain ke dalam layanannya, dengan tujuan untuk meningkatkan generasi berikutnya dari pembayaran.

CBA dan Upaya Pengembangan Mata Uang Digital Nasional

Azerbaijan bank sentral cbdc visa
Sumber: Tura News

CBA, bekerja sama dengan think tank internasional, organisasi keuangan, dan bank lainnya, sedang dalam proses pengembangan mata uang digital nasional. Bank ini sedang memantau aktif peran mata uang digital dalam kebijakan moneter dan transmisi.

Dalam kerja sama pengembangan mata uang digital, CBA juga berkolaborasi dengan Dana Moneter Internasional. Saat ini, pekerjaan berjalan untuk membentuk dasar mata uang digital ini dan melakukan penelitian untuk menilai risiko yang mungkin muncul.

Baca juga: Didukung oleh Paxos, Ini Fitur dan Integrasi Stablecoin Paypal (PYUSD) !

Rashad Gasimov, seorang ahli dari Divisi Pengembangan Sistem Pembayaran Nasional CBA, menyatakan bahwa mata uang digital dapat memberikan dorongan signifikan dalam transisi ke lingkungan pembayaran tanpa tunai.

Pada akhirnya, kerja sama antara Visa dan Bank Sentral Azerbaijan menunjukkan langkah maju dalam pengembangan dan adopsi mata uang digital di tingkat nasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: